WASPADA! Penjahat Dunia Maya Manfaatkan Ketenaran Film Spider-Man: No Way Home untuk Sebar Malware

Ada pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan ketenaran film Spider-Man: No Way Home untuk menyebar Malware.

Editor: Zainuddin
Pixabay/TheDigitalArtis
ILUSTRASI. 

SURYAMALANG.COM - Ada pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan ketenaran film Spider-Man: No Way Home untuk menyebar Malware.

Malware yang bersembunyi di balik ketenaran Spider-Man: No Way Home ini dapat menyedot kartu kredit Anda.

Jangan terlena dengan Spider-Man: No Way Home yang bertebaran di internet.

Bisa jadi itu merupakan situs penipuan berkedok phising.

Mengutip dari Threatposts, para peneliti di Kaspersky memperingatkan bahwa penjahat memanfaatkan perilisan Spider-Man: No Way Home untuk menyebar malware dan mencuri informasi perbankan.

"Saat ini ekspektasi penggemar sangat tinggi, bisa dibilang lebih tinggi daripada film mana pun," ujar Tatyana Scherbakova dari Kasperksy.

"Penjahat dunia maya dapat memanfaatkan penggemar Spider-Man," tambahanya.

Orang-orang yang terlena dengan ketenaran di internet akan berusaha mencari informasi seputar Spider-Man: No Way Home atau bahkan mencari video-nya.

Tapi, para penjahat dunia maya bergerak lebih cepat dari yang Anda kira.

Bahkan beberapa situs phising di internet minta informasi perbankan sebagai imbalan untuk mengunduh cuplikan film Spider-Man: No Way Home.

Mirisnya, cuplikan video tersebut ternyata merupakan file berbahaya.

File tersebut dipenuhi dengan adware (perangkat lunak beriklan) dan trojan (virus berbahaya yang dapat merusak sistem).

Bahkan beberapa di antaranya dapat mengumpulkan dan mengubah data perangkat, seperti yang dilaporkan peneliti dari Kaspersky.

Scherbakova mengimbau supaya penggemar Spider-Man tidak terlena begitu saja dengan iming-iming video, potongan film, atau hal-hal bertema Spider-Man yang tersebar di internet.

Apalagi jika Anda menemukan sebuah situs yang mengharuskan mengisi data terkait perbankan demi mendapatkan sesuatu yang bertema Spider-Man.

Untuk saat ini Spider-Man: No Way Home dapat Anda tonton lewat bioskop. Pastikan Anda nonton film Spider-Man: No Way Home di bioskop untuk saat ini supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti malware dan ancamman serupa.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Waspada! Penjahat Dunia Maya Manfaatkan Ketenaran Spider-Man: No Way Home untuk Sebarkan Malware, https://www.tribunnews.com/techno/2021/12/23/waspada-penjahat-dunia-maya-manfaatkan-ketenaran-spider-man-no-way-home-untuk-sebarkan-malware

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved