BNI Xpora Gandeng ICC Indonesia untuk Dorong Pelaku UMKM 'Go Global'

BNI mendukung program Pemerintah dan meningkatkan usaha para UMKM agar dapat memasarkan dan mengembangkan produknya ke pasar global.

Editor: isy
BNI
(Ki-ka) Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dengan Presiden ICC Indonesia IIham Akbar Habibie dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BNI dan ICC Indonesia dalam Pemberdayaan UMKM Menuju Pasar Global di Xpora Hub Gedung Smesco Jakarta, Selasa (12/4/2022). 

SURYA.co.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI (kode saham: BBNI) terus memperkuat bisnis internasional di masa pemulihan ekonomi tahun ini.

Hal ini dilakukan BNI sebagai bagian dari agen pembangunan dengan mandat Bank Global Indonesia dari pemerintah.

Terbaru, BNI menggaet International Chamber of Commerce (ICC) atau Kamar Dagang Internasional Indonesia dalam mendukung program Pemerintah dan meningkatkan usaha para Usaha Kecil, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pemberdayaan dan pemberian solusi perbankan agar dapat memasarkan dan mengembangkan produknya ke pasar global.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan antara Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dengan Presiden ICC Indonesia IIham Akbar Habibie di Xpora Hub, Gedung Smesco Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Henry mengapresiasi kesempatan yang diberikan ICC kepada Perseroan.

Menurutnya, kerja sama strategis ini merupakan komitmen BNI dalam berperan aktif sebagai mitra perbankan utama (preferred bank) global banking. 

"BNI akan terus berupaya untuk menyediakan solusi layanan perbankan dan pendampingan bagi para pelaku usaha berorientasi ekspor khususnya para UMKM agar dapat mengembangkan kapasitas produksinya guna menembus pasar global," kata Henry. 

Henry menuturkan dalam kerja sama ini BNI akan memanfaatkan jaringan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) yang tersebar di 6 (enam) kota pusat perekonomian global antara lain Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York, dan Seoul.

Perseroan dapat memfasilitasi business matchmaking antara eksportir UMKM Indonesia dengan potential buyer. 

"Selain itu KCLN kami juga punya memiliki peran penting dalam memberikan layanan advisory terkait market insight dan regulasi lokal terkait custom tax, serta menyediakan skema pembiayaan khusus kepada para pelaku usaha Indonesia mulai dari skala Korporasi, Menengah, dan Kecil sehingga mampu menembus pasar global," imbuh Henry.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved