Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran

Sejarah Berdirinya Tunjungan Surabaya, Mal Terbesar yang Dibangun Orang Terkaya di Indonesia

Tunjungan Plaza resmi dibuka untuk umum pada tanggal 7 Mei 1986, sedangkan grand opening dilakukan pada tanggal 15 Desember 1986.

(Pakuwon Jati)
Pakuwon Mall, Surabaya 

SURYAMALANG.COM - Tunjungan Plaza Surabaya kebakaran pada Rabu (13/4/2022) sore. Tak ayal, mal legendaris di Surabaya tersebut menjadi perhatian publik.

Informasi seputar sejarah dan pemilik Tunjungan Plaza Surabaya juga mulai dicari pembaca.

Terlebih, nama yang tersandang pada pusat perbelanjaan tersebut cukup melekat di ingatan warga Surabaya.

Tunjungan merupakan nama jalan di Surabaya yang sudah ada sejak era kolonial Belanda sebagai pusat komersial dan bertahan hingga saat ini.

Kini, kawasan tersebut makin lengkap dengan keberadaan Tunjungan Plaza. Lantas, siapa sebenarnya pemilik Tunjungan Plaza? Keberadaan Tunjungan Plaza tak lepas dari sosok bernama Alexander Tedja.

Artikel yang dilansir dari kompas.com ini akan menyajikan ulasan mengenai sejarah singkat Tunjungan Plaza Surabaya dan profil pemiliknya.

Awal pembangunan Tunjungan Plaza

Dikutip dari penelitian Efrilia Rizqi Mahardian Putri (2019) yang diunggah pada laman ejournal.unesa.ac.id, Tunjungan Plaza merupakan pusat perbelanjaan dengan konsep shopping mall pertama di Kota Surabaya.

Tunjungan Plaza didirikan oleh PT Pakuwon Jati pada awal 1985. Dengan begitu, PT Pakuwon Jati adalah pemilik Tunjungan Plaza Surabaya.

Adapun orang di balik PT Pakuwin Jati adalah sosok bernama Alexander Tedja yang merupakan salah satu konglomerat Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved