Berita Blitar Hari Ini

Polres Blitar Kota Mulai Lakukan Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2022 Hari Ini

Pengamanan arus mudik Lebaran 2022 di wilayah hukum Polres Blitar Kota dilakukan lebih awal, yaitu, mulai Sabtu (23/4/2022).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: isy
samsul hadi/suryamalang.com
Wali Kota Blitar, Santoso, menyematkan pin kepada petugas gabungan yang akan melaksanakan pengamanan arus mudik Lebaran 2022 di wilayah hukum Polres Blitar Kota, Jumat (22/4/2022). 

Berita Blitar Hari Ini

SURYAMALANG.COM I BLITAR - Pengamanan arus mudik Lebaran 2022 di wilayah hukum Polres Blitar Kota dilakukan lebih awal, yaitu, mulai Sabtu (23/4/2022).

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik pada Lebaran tahun ini.

"Kegiatan gelar pasukan yang sedianya dilaksanakan 28 April 2022, dimajukan hari ini. Polres Blitar Kota dan seluruh jajaran mendahulukan kegiatan pengamanan mudik," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022, Jumat (22/4/2022).

Argo mengatakan Operasi Ketupat Semeru baru dimulai pada 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022.

Tapi, Polres Blitar Kota bersama TNI dan Pemkot Blitar mulai melakukan pergeseran personel ke pos pengamanan setelah apel gelar pasukan hari ini.

"Rencananya, posko pengamanan mulai berjalan besok Sabtu. Kami memprediksi masyarakat juga melakukan perjalanan mudik lebih awal, setelah sekolah libur," ujarnya.

Ada enam pos yang terdiri atas pos terpadu, pos pengamanan, dan pos pelayanan dalam Operasi Ketupat Semeru 2022 di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Rinciannya, satu pos pelayanan di Alun-alun Kota Blitar, dua pos pengamanan di Terminal dan Stasiun, serta tiga pos terpadu di kawasan wisata Makam Bung Karno, kawasan wisata Candi Penataran dan wilayah Srengat.

"Pos pengamanan dan pos pelayanan kami sebar dengan target lokasi tujuan wisata, terminal, stasiun, dan beberapa lokasi keramaian," katanya.

Dikatakannya, Polres Blitar Kota menerjunkan 468 personil gabungan dari Polri, TNI, dan Pemkot Blitar untuk pengamanan arus mudik Lebaran 2022.

"Jumlah kendaraan operasional yang diterjunkan sekitar 250 unit, mulai roda dua, roda empat, roda enam, dan kendaraan untuk medis," katanya.

Argo berharap dengan persiapan lebih awal, pelaksanaan aris mudik Lebaran di wilayah hukum Polres Blitar Kota berjalan lancar.

"Persiapan ini salah satu upaya pemerintah melaksanakan pengamanan mudik lebih awal, tidak menunggu saat libur bersama, tapi lima hari ke depan sudah dilakukan peningkatan pengamanan," katanya.

Wali Kota Blitar, Santoso, yang memimpin gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di Polres Blitar Kota mengatakan mudah-mudahan pelaksanaan mudik Lebaran masyarakat ke Blitar berjalan aman terkendali.

"Kota Blitar menjadi salah satu daerah tujuan pemudik. Karena banyak warga di Blitar Raya yang kerja di luar pulau dan menjadi pekerja migran di luar negeri," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved