Cara Mencegah Hepatitis Akut : Jangan Berbagi Makanan di Sekolah

perilaku hidup bersih dan sehat harus dijalankan untuk mencegah penularan hepatitis akut, termasuk di sekolah

Editor: Rahadian Bagus
SURYAMALANG.COM/Shutterstock via Tribunnews
ILUSTRASI anak sakit dalam artikel bocah 7 tahun meninggal dunia diduga akibat Hepatitis Akut 

SURYAMALANG.COM - Direktur Pelayanan Medik keperawatan dan Penunjang Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Sumariyono mengatakan, perilaku hidup bersih dan sehat harus dijalankan untuk mencegah penularan hepatitis akut.

Ia meminta para orangtua untuk memperhatikan kebersihan makanan anak mereka. Selain itu, anak-anak diminta untuk tak saling berbagi makanan.

"Perilaku anak di sekolah, ada hal-hal khusus jangan sampai berganti-ganti alat makan, dari satu anak ke anak yang lain ataupun berbagi makanan, ya itu sangat penting," kata Sumariyono dalam konferensi pers di Gedung Kiara, RSCM, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022).

Sumariyono juga meminta masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan mengingat kemungkinan penularan hepatitis akut melalui udara.

"Karena tadi masih terkait juga masih kemungkinan dari saluran napas," ujar dia. Ia mengatakan, belum ada penelitian yang dapat memastikan pola penularan hepatitis akut.

Namun, berdasarkan penelitian di Inggris, hepatits akut dapat menular melalui saluran cerna dan saluran napas.

"Jadi yang yang menonjol atau yang utama adalah yang dari saluran cerna, yang kemudian kedua yang kalau enggak salah berapa 18 persen berapa itu dengan cara saluran napas," ucap Sumariyono.

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved