Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Dhuha yang Dianjurkan Ulama, Lengkap dengan Bacaan Niat

Simak informasi seputar waktu terbaik mengerjakan sholat dhuha yang dianjurkan ulama lengkap dengan tata acara dan bacaan niatnya. 

Penulis: Frida Anjani | Editor: Adrianus Adhi
Instagram
Ilustrasi: Sholat Dhuha 

SURYAMALANG.COM - Simak informasi seputar waktu terbaik mengerjakan sholat dhuha yang dianjurkan ulama lengkap dengan tata acara dan bacaan niatnya. 

Sebelum melaksanakan ibadah sunnah Sholat Dhuha, umat Islam perlu mengetahui sejumlah ketentuan, di antaranya waktu dhuha dan tata cara melaksanakannya.

Hal itu diperlukan agar ibadah Sholat Dhuha berjalan lancar dan sah.

Diketahui, bahwa melaksanakan ibadah Sholat Dhuha merupakan sunnah Rasul, sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda, "Kekasihku Rasulullah saw telah berpesan kepadaku supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat shalat Dhuha, dan shalat witir sebelum tidur." ( HR Buhkari dan Muslim).

Berikut ulasan lengkapnya:

Waktu Sholat Dhuha

Ustadz Abdul Somad mengatakan dalam ceramahnya bahwa waktu dhuha dimulai saat syuruq (matahari terbit) jam 06.00 (waktu Indonesia).

"Ketika matahari terbit naik itu tidak boleh (sholat dhuha), lewatkan sampai setinggi tombak, kalau sudah lewat setinggi tombak, barulah boleh sholat," kata Ustadz Abdul Somad dikutip dari video YouTube Teropong Islam berjudul "Waktu terbaik dan mustajab sholat dhuha Ustadz Abdul Somad, Lc. MA".

"Waktu setinggi tombak ini disebut waktu tanduk setan, karena waktu matahari naik datang setan, sampai setinggi tombak baru setan pergi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved