Berita Blitar Hari Ini

Suntik Vaksin PMK di Kota Blitar, Peternak Berharap Sapinya Kebal dari Penyakit

Imam Mustofa (50) senang empat ekor sapi miliknya sudah disuntik vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) secara gratis di Kota Blitar, Minggu (26/6/2022)

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Samsul Hadi
Petugas menyuntikkan vaksin PMK pada sapi milik peternak di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Minggu (26/6/2022). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Imam Mustofa (50) senang empat ekor sapi miliknya sudah disuntik vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) secara gratis di Kota Blitar, Minggu (26/6/2022).

Peternak asal Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar ini berharap sapi miliknya tidak tertular wabah penyakit mulut dan kuku.

"Setelah disuntik vaksin, mudah-mudahan sapi saya kebal dari wabah penyakit mulut dan kuku. Vaksinnya gratis," kata Imam kepada SURYAMALANG.COM.

Imam merupakan satu dari puluhan peternak di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar yang sapinya disuntik vaksin PMK.

Pemkot Blitar mulai melaksanakan vaksin PMK untuk hewan ternak khususnya sapi, Minggu (26/6/2022).

"Sapi saya ini untuk pembibitan. Saya punya sepasang indukan dan dua ekor anakan sapi jenis simental," ujar Imam.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah mengatakan menerjunkan lima dokter hewan dan tiga paramedis untuk melaksanakan vaksin PMK untuk sapi.

Pada tahap pertama ini, ada 100 ekor sapi di Kelurahan Ngadirejo yang akan disuntik vaksin PMK.

"Pelaksanaan vaksin PMK, kami mulai di Kelurahan Ngadirejo. Sasarannya ada 100 ekor sapi yang kami vaksin PMK hari ini," kata Rodiyah.

Kota Blitar mendapat sembilan botol atau 900 dosis PMK dari Pemprov Jatim. Secara bertahap, vaksin PMK akan disuntikan ke ratusan ekor sapi di Kota Blitar.

Sasaran vaksin PMK, yaitu, sapi potong, sapi pembibitan, dan sapi perah yang kondisinya sehat dan tidak akan dijual.

"Sesuai instruksi dari provinsi, pelaksanaan vaksin PMK ini harus selesai pada 5 Juli 2022. Secara bertahap, tiap hari kami melaksanakan vaksin PMK untuk sapi di Kota Blitar," ujarnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved