Berita Malang Hari Ini

Tiga Kelurahan di Kota Malang Jadi Wilayah Percontohan Program Bersih Narkoba

Tiga kelurahan di Kota Malang dicanangkan sebagai wilayah percontohan kelurahan bersih dari narkoba. Kelurahan Sukun, Dinoyo dan Tlogomas Kota Malang

Wawali Malang, Sofyan Edi Jarwoko (tengah) saat foto bersama dalam kegiatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 di Balaikota Malang pada Senin (27/6/2022). Tiga kelurahan di Kota Malang dicanangkan sebagai wilayah percontohan kelurahan bersih dari narkoba. Kelurahan Sukun, Dinoyo dan Tlogomas Kota Malang 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Pemerintah Kota Malang secara resmi telah mencanangkan tiga kelurahan sebagai wilayah percontohan bersih dari narkoba (Bersinar).

Ketiga kelurahan tersebut di antaranya ialah Kelurahan Sukun, Kelurahan Dinoyo dan Kelurahan Tlogomas Kota Malang.

Penetapan keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofya Edi Jarwoko dalam rangkaian acara puncak Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 pada Senin (27/6/2022). 

Sofyan Edi menyampaikan, dengan ditetapkannya ketiga kelurahan ini diharapkan dapat menjadi upaya signifikan dalam mencegah penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Malang.

"Narkoba musuh kita bersama. Bisa menyasar siapa saja dan jadi ancaman serius bagi masa depan bangsa. Hari ini ada tiga kelurahan bersinar yang kita canangkan. Bergerak terus sehingga bisa hadir di 57 kelurahan", ucapnya.

Dengan dicanangkannya ketiga kelurahan tersebut, total sudah ada enam Kelurahan Bersinar yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Kelurahan Tanjungrejo ditetapkan pada tahun 2020 kemudian Kelurahan Kotalama serta Kelurahan Jodipan pada tahun 2021.  

Politisi Partai Golkar itu juga mengapresiasi peran BNN, Polresta Malang Kota, Kejaksaan dan sejumlah kampus yang turut andil dalam pembentukan dan pembinaan kelurahan bersinar di Kota Malang.

"Dengan penanganan kami minta semua pihak bekerjasama agar kegiatan-kegiatan pasca pencanangan dapat efektif mencegah narkoba di Kota Malang," terangnya.

Sebagai informasi, program Kelurahan Bersinar merupakan salah satu bagian implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika (PN) Tahun 2020-2024.  

Program ini menekankan pentingnya pencegahan narkoba sejak tingkat kelurahan.

Hal ini sebagai garda terdepan bersama peran masyarakat dalam delapan indikator utama dan lima indikator tambahan. 

Sementara itu, Kepala BNN Kota Malang, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto, S.I.K menambahkan, bahwa selain pencanangan Kelurahan Bersinar, rangkaian HANI 2022 juga diisi beragam kegiatan untuk mengkampanyekan semangat kerja cepat, kerja hebat berantas narkoba di Indonesia.    

"Yang pertama deklarasi cinta NKRI dan anti narkoba, pertandingan bulutangkis dan tenis meja smash on drug bagi warga binaan lapas, pembagian sembako dan gowes heritage", tandasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved