Travelling

Calon Penumpang KA jarak Jauh yang Belum Vaksin Booster Wajib Tes RT-PCR atau Antigen

Calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang belum vaksin booster wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Stasiun Malang. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang belum vaksin booster wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Kebijakan ini berlaku mulai 17 Juli 2022.

"Diharap kebijakan ini dapat menekan penyebaran Covid-19," ujar Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya dalam rilis yang diterima SURYAMALANG.COM, Senin (11/7/2022).

PT KAI telah menyediakan fasilitas vaksinasi di berbagai stasiun dan klinik kesehatan milik PT KAI.

"Calon penumpang KA Jarak Jauh yang tidak melengkapi persyaratan tersebut akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya," tambahnya.

PT KAI telah mengintegrasikan sistem ticketing dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Calon penumpang dan penumpang wajib menggunakan masker tiga lapis atau masker medis selama dalam perjalanan dan di stasiun," terangnya.

PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp 35 ribu di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Malang.

Syarat terbaru naik KA Jarak Jauh adalah :

1). Calon penumpang KA Jarak Jauh yang telah vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.

2). Calon penumpang KA Jarak Jauh yang masih mendapat vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

3). Calon penumpang KA Jarak Jauh yang masih mendapat vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

4) Calon penumpang KA Jarak Jauh yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

5) Calon penumpang KA Jarak Jauh usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Jika masih  vaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

6). Calon penumpang KA Jarak Jauh dengan usia di bawah 6 tahun, tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR. Akan tetapi, wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved