Berita Malang Hari Ini

Dahlan Iskan Beri Motivasi Maba FPIK dengan Tiga Bekal, Maba FT UB Dikenalkan Metaverse

Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN hadir di kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB

ist/humas UB
Dahlan Iskan saat di PKKBM FPIK UB, Jumat (19/8/2022). 

SURYAMALANG.COM|MALANG- Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN hadir di kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB), Jumat (19/8/2022). Ia memberi motivasi dan sharing bagi 1000 lebih maba. 


Menurut Dahlan, orang yang sudah merasakan kuliah maka berada dalam masyarakat ilmiah. Ada tiga bekal yang didapatkan sebagai mahasiswa. Pertama, membiasakan berpikir sesuai ilmu pengetahuan. Sehingga tidak berpikir tahayul. Kedua, berpikir sistematis karena di kampus diajarkan sistematika. Ketiga, belajar metodologi.


"Jika tiga hal ini ada, maka perlu ditambah dengan ilmu pengalaman," kata dia. Maka bisa saja setelah lulus kuliah menekuni pekerjaan yang linier dengan ilmu yang diperoleh. Tapi ada yang sukses dan tidak. Tapi dengan bekal tiga hal itu, jika yang ditekuni tidak sukses, ia menyarankan segera banting setir. 


Pengalaman-pengalaman yang terjadi usai lulus kuliah akan mengayakan diri kita. Bahkan ada juga yang mungkin tidak menekuni pekerjaan yang tidak linier. "Lima tahun usai lulus akan mendapat banyak mendapatkan kekayaan hidup. Di usia 28-30 tahun akan jadi orang yang sempurna," kata dia.


Di acara itu ia juga mengajak tiga maba untuk menjawab pertanyaan tentang nama ikan yang memiliki albumin paling banyak. Ketiganya menjawab ikan gabus. D

ahlan menceritakan pengalamannya butuh albumin yang banyak karena livernya tidak cukup memproduksinya. 

"Badan saya jadi bengkak. Saya harus jalani hidupi yang susah," ceritanya.

Sedang PKKMB di Fakultas Teknik UB diikuti 1444 maba. Dalam rangkaian PKKMB FTUB ini disampaikan serangkaian materi yang terkait dengan pedoman akademik, kurikulum, etika, akademik dan kegiatan

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Serta  kompetisi kemahasiswaan, hingga peluang mahasiswa untuk meraih beasiswa dan juga materi tentang organisasi mahasiswa.

Dekan FTUB  Prof Ir Hadi Suyono ST MT PhD IPU ASEAN Eng mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru.

“Anda patut berbangga dan bersyukur karena untuk masuk ke Fakultas Teknik sudah menyingkirkan 26 calon mahasiswa lainnya,” ujar Guru Besar Ilmu Rekayasa Sistem Daya dan Kecerdasan Buatan ini. 

Hadir di kegiatan itu  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Prof Dr Abdul Hakim MSi. Di acara ini, FT memperkenalkan industri digital masa depan terutama terkait isu metaverse. Kegiatan PKKMB di UB kini beralih ke fakultas mulai 19-20 Agustus 2022 setelah tiga hari mengikuti kegiatan di universitas.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved