Berita Malang Hari Ini

Masuk Kategori Proyek Strategis Daerah 2023-2026, Jalan Tembusan ke Sidomulyo Digarap 2023

Pemerintah Kota Batu akan membangun jalan tembusan yang menghubungkan kawasan Metro dan Sidomulyo.

suryamalang.com/beni
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Pemerintah Kota Batu akan membangun jalan tembusan yang menghubungkan kawasan Metro dan Sidomulyo. Bahkan proyek ini telah masuk dalam kategori Proyek Strategis Daerah (PSD) 2023-2026. 

SURYAMALANG.COM|BATU – Pemerintah Kota Batu akan membangun jalan tembusan yang menghubungkan kawasan Metro dan Sidomulyo.

Bahkan proyek ini telah masuk dalam kategori Proyek Strategis Daerah (PSD) 2023-2026.

Pembiayaannya telah dibahas dalam KUA PPAS dengan pagu anggaran berkisar Rp5,8 miliar. Proyek akan dikerjakan pada 2023.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan,  pelaksana pembangunan ini adalah Dinas PUPR.

"Jalan tembus memang masuk dalam prioritas pembangunan infrastruktur di Kota Batu," ujar Punjul. 

Pembangunan jalan tembus merupakan sebuah kebutuhan untuk mengurai kemacetan. Kota Batu selalu macet ketika akhir pekan dan musim liburan.

Tak hanya itu saja, jalan tembusan juga direncanakan untuk memudahkan sirkulasi barang dari arah utara ke selatan.

"Selain itu, jalan tembus merupakan upaya kami untung menjawab tantangan. Kami juga harus bisa menghidupkan sisi perekonomian di desa-desa wisata. Maka dari itu harapan terbesar kami selain infrastruktur yang bagus, ekonomi juga meningkat," papar Punjul. 

Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat mengatakan banyak hal yang perlu dibahas untuk membangun jalan tembus.

Hal yang perlu diperhatikan adalah studi kelayakan, Detail Engineering Design (DED) hingga pembebasan lahan. Pembangunan jalan tembus membutuhkan waktu yang lama dalam perencanaannya. 

Alfi mengatakan, jalan tembus ini diperkirakan dibangun sepanjang 1 km. Jarak itu merupakan hasil peninjauan awal. Panjang jalan itu nantinya bisa dipastikan menjadi jalan alternatif dari arah Mojokerto melalui Desa Sidomulyo. 

"Intinya dengan adanya pembangunan jalan tembus ini bisa  mengurangi kemacetan dan menjadi solusi jalan baru. Lalu potensi-potensi Kota Batu yang aksesnya susah bisa menjadi mudah" jelas Alfi. 

Selain jalan tembusan, Dinas PUPR juga melakukan pembangunan trotoar turut yang dimasukkan dalam PSD 2023. Pembangunan tersebut yakni memperlebar trotoar seperti yang berada di sisi selatan Alun-alun Kota Batu.

Trotoar yang dibangung didesain ramah disabilitas. Hal ini untuk memudahkan kelompok disabilitas mengakses tempat-tempat umum dan wisata di Kota Batu.Rencanya anggaran yang bakal digelontor untuk pembangunan tersebut sebanyak Rp 3,4 miliar.

Fokus pembangunan diawali dari jalan-jalan protokol seperti Jalan Panglima Sudirman, Gajah Mada hingga Sultan Agung.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved