Berita Batu Hari Ini

Kota Batu akan Miliki Mal Pelayanan Publik Oktober Mendatang

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batu akan segera diresmikan pada Oktober 2022, di lantai dua Gedung B, Balai Kota Among Tani

suryamalang.com/Benni Indo
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama sejumlah pejabat lain di Pemkot Batu meninjau tempat Mal Pelayanan Publik yang masih dalam tahap pembangunan. 

SURYAMALANG.COM|BATU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batu akan segera diresmikan dan dioperasikan sebulan lagi yakni Oktober 2022.

MPP ini akan menjadi tempat warga mengurus segala macam keperluan administrasi. Lokasinya berada di lantai dua Gedung B, Balai Kota Among Tani.


Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyatakan, di dalam gedung akan ada 21 pelayanan untuk masyarakat. Masyarakat pun bisa mendapatkan pelayanan di satu tempat saja. 


"Ke depannya akan terus ditambah sehingga masyarakat Kota Batu bisa makin mudah ketika mengurus suatu hal," ujar Dewanti, Kamis (1/9/2022). 


Dewanti berharap, ketika MPP Kota Batu sudah beroperasi, semua aspek yang ada di dalamnya bisa berjalan maksimal. Sehingga tujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat bisa tercapai. 


"Proses pelayanan akan lebih cepat dan praktis. Sebab sudah tidak perlu lagi pergi ke beberapa tempat. Selain praktis ini juga bisa menghemat waktu dan anggaran," tuturnya. 


MPP memiliki jenis layanan yang bervariasi dari sesuai masing-masing dinas. MPP juga menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang sama sesuai dengan standar pelayanan. Fasilitas tersebut antara lain adalah loket informasi, pojok baca, ruang laktasi, ruang bermain anak, toilet, dan pusat ATM.


Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu, Muji Dwi Leksono mengungkapkan, saat ini proses pembangunan jembatan ke MPP sudah selesai. Kemudian bakal dilanjutkan pembuatan gerai pelayanan


Dia menjabarkan, pelayanan yang di dalamnya antara lain DPMPTSP, Dispendukcapil dan Dispenda. Selain itu juga ada pelayanan dari pihak lain seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.  Pelayanan dari pihak kepolisian berupa Samsat, Kejaksaan Negeri Batu, Kementerian Agama, PLN dan Perumdam Among Tirto. 


"Selain itu juga bakal dilengkapi sejumlah fasilitas lain. Contohnya seperti tempat bermain anak, ruang laktasi, fasilitas bagi disabilitas, ATM Center, meeting room, pojok baca dan toilet," beber Muji. 


Setelah penyiapan sarpras dan SDM benar-benar selesai. Selanjutnya Pemkot akan melalukan MoU dan penandatanganan PKS dengan 23 instansi diluar Pemkot Batu dalam penggunaan MPP. Pembangunan MPP ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kemenpar RB nomor 23 tahun 2017 tentang MPP. Serta mengacu dari Perda Kota Batu Nomor 9 Tahun 2017 tentang MPP. Pemkot Batu menganggarkan Rp 194 juta untuk dekorasi interior di dalam MPP

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved