Berita Lamongan Hari Ini

Viral, Warga Lamongan Digegerkan Pencurian Tali Pocong

Makam seorang warga Dusun Plarisan Desa Jelakcatur Kecamatan Kalitengah Lamongan dibongkar oleh orang jahil.

SS/fb/kalitengah megilan
tangkapan layar menunjukan sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Jalak Catur, Kecamatan Kalitengah, Lamongan yang menjadi lokasi pencurian tali pocong 

SURYA.co.id lLAMONGAN -  Makam seorang warga Dusun Plarisan Desa Jelakcatur Kecamatan Kalitengah Lamongan dibongkar oleh orang jahil.

Videonya beredar luas dan viral di Medsos yang   memperlihatkan sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Jalak Catur, Kecamatan Kalitengah, Lamongan 

Video yang diunggah pertama kali oleh akun FB @uripurup tersebut menunjukan sebuah makam yang berantakan, terlihat tanah bekas galian dan penutup mayat yang terbuat dari balok kayu terbuka di samping mayat.

Selain itu, Batu nisan pun berantakan menandakan adanya aksi penggalian makam. Sang pengunggah video pun tampak terheran-heran lantaran makam itu milik orang yang baru saja meninggal. 

Ia pun menduga jika tindakan itu diperbuat oleh oknum tertentu yang sedang mencari kesaksian atau ilmu tertentu dengan medium mayat manusia.

"Ora ilok temen cah cah, golek kesaktian kok koyok ngene kuburane uwong nang di bongkar, (Tidak etis beneran, cari kesaktian kok kayak begini, kuburan orang di bongkar)," kata orang dalam video tersebut.

Dalam video tersebut juga tampak sesosok mayat yang masih utuh dibuktikan oleh perekam video dengan menunjukan rambut mayat yang masih ada. 

Urukan  tanah di semua permukaan makam dibongkar. Papan penutup kotak juga dibuka dan jasad korban yang terbungkus kain kafan terlihat jelas dari luar.

"Tahun 2022 masih ada orang gali makam baru meninggal," tulis akun Instagram beritae_wong_lamongan_bwl.

Diduga penggalian itu bertujuan mengambil tali pocong dari  mayat. "Kok masih ada membongkar makam dan diambil tali pocong," lanjut akun Instagram tersebut.

Reporter suryamalang.com menelusuri jati diri korban mengungkapkan, bahwa almarhum bernama Rahwan (50) warga Plarisan Desa Jelakcatur yang dibongkar tersebut berada di pemakaman desa RT 02 RW 01. 

Dari video dan foto yang menunjukkan, urukan  tanah di semua permukaan makam dibongkar.

Papan penutup kotak juga dibuka dibiarkan berantakan  dan jasad korban yang terbungkus kain kafan terlihat jelas dari luar.

Kepala Dusun Plarisan, Jakfar dikonfirmasi mengungkapkan, makam Rahwan diketahui pada Selasa(5/9/2022) oleh salah satu warga yang sedang melintas di jalan makam desa.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved