Berita Malang Hari Ini

Bupati Malang Tertarik Kembangkan PLTS di Pabrik Gula Kebonagung

Bupati Malang, Muhammad Sanusi tertarik mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya di Kabupaten Malang.

suryamalang.com/erwin
Peresmian pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pabrik Gula (PG) Kebonagung, Pakisaji, Kabupaten Malang pada Selasa (20/9/2022). 

SURYAMALANG.COM|MALANG - Bupati Malang, Muhammad Sanusi tertarik mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya di Kabupaten Malang.

Menurut Sanusi, ketersediaan tenaga fosil yang semakin hari menipis butuh solusi energi terbarukan.

"Banyak sekali sumber energi terbarukan seperti energi baterai, matahari, pemanfaatan hydrogen, pemanfaatan energi angin, serta waste to energi atau mengubah sampah serta barang bernilai ekonomis rendah menjadi energi," ujar Sanusi saat peresmian pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pabrik Gula (PG) Kebonagung, Pakisaji, Kabupaten Malang pada Selasa (20/9/2022).

Sanusi memuji langkah PG Kebonagung mengawali penerapan PLTS di Kabupaten Malang.

Sanusi mendengar udah banyak instansi, lembaga maupun perseorangan di luar Kabupaten Malang yang mulai memanfaat teknologi panel surya guna memenuhi dan mencukupi kebutuhan energi listrik.

“Maka dari itu, saya mendukung penuh terhadap adanya upaya pembaharuan energi seperti yang dilakukan oleh PG Kebon Agung pada saat ini. Terlebih, teknologi ini juga dapat menjadi sebuah terobosan di tengah semakin berkurangnya cadangan energi fosil di dunia,” beber Sanusi.

Sementara itu, Sanusi menyakini jika listrik tenaga surya akan berdampak positif pada ekonomi lantaran efektifitas biayanya cukup efisien.

"Berkaca dari penelitian yang ada, energi surya dapat menghemat konsumsi listrik hingga empat kali lipat jika dibandingkan dengan listrik konvensional. Hal ini dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Malang dalam rangka pemerataan kesejahteraan terhadap masyarakat," tutur Sanusi.

Di sisi lain, Direktur Utama PT. Kebon Agung Didid Taurisianto menyatakan pihaknya  terus berfokus pada peningkatan produksi gula.

"Saat ini pg kebon agung masih terus produksi nasional dengan jumlah produksi mencapai 2,3 hingga 2,5 juta ton. Dengan adanya energi terbarukan seperti listrik tenaga surya dengan skala sesuai dengan kebutuhan masing masing,” jelasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved