Berita Jember Hari Ini

Pada Hari Kesehatan Nasional, Bupati Jember Ingatkan Warga Tidak Berak Sembarangan

Program yang disebut JPK (Jember Pasti Kueeren) tersebut ada di tiga rumah sakit milik Pemkab Jember yakni RSD dr Soebandi, RSD Kalisat, dan RSD Balun

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Yuli A
sri wahyunik
Bupati Jember Hendy Siswanto memimpin peringatan Hari Kesehatan Nasional 2022 di Balai Desa Kemuningsari Kidul, Jumat (18/11/2022) 

Program yang disebut JPK (Jember Pasti Kueeren) tersebut ada di tiga rumah sakit milik Pemkab Jember yakni RSD dr Soebandi, RSD Kalisat, dan RSD Balung. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Pemkab Jember bersama Ikatan Alumni Universitas Airlangga Cabang Jember memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022, Jumat (18/11/2022). Peringatan HKN dipusatkan di Balai Desa Kemuningsari Kidul Kecamatan Jenggawah


Bupati Jember Hendy Siswanto menghadiri HKN tersebut. Bahkan rombongan pejabat dan panitia HKN menuju lokasi peringatan HKN dengan ngonthel alias gowes dari Jl Sudarman depan Kantor Pemkab Jember. 

Bersamaan dengan peringatan HKN dilakukan sejumlah kegiatan kesehatan, juga peluncuran program kesehatan. 

 Program yang diluncurkan antara lain Jebol Desa (Jemput Bola dengan Bersepeda), sebuah inovasi layanan dari Kecamatan Jenggawah. Program itu mengurusi keperluan warga ke desa, terutama keperluan surat-menyurat sambil bersepeda. Pengantaran dokumen Adminduk ke rumah warga langsung sambil bersepeda ini dilakukan setiap Hari Jumat. 


Selain itu juga ada penyerahan sertifikat. Desa ODF (Open Defecation Free). ODF secara umum bisa diartikan, suatu wilayah yang masyarakatanya tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan.   

Bupati Jember Hendy Siswanto mengimbau warga melakukan BAB di jamban atau kakus.

"Jangan sembarangan, karena bisa mencemari lingkungan," ujar Hendy. 

Hendy juga menyebutkan perihal program pengobatan gratis untuk masyarakat Jember.  

Program yang disebut JPK (Jember Pasti Kueeren) tersebut ada di tiga rumah sakit milik Pemkab Jember yakni RSD dr Soebandi, RSD Kalisat, dan RSD Balung. 

"Apabila ada keluhan tentang kesehatan, bisa langsung berobat ke rumah sakit tersebut. Sehingga kesehatan kita semua selalu terjaga baik," ujar Hendy. 

Kegiatan HKN dimeriahkan juga dengan senam bersama, donor darah, dan bazar UMKM. 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved