Berita Gresik Hari Ini

Ratusan Pelajar SD dan SMP Kirim E-mail ke Bupati dan Wakil Bupati Gresik

Sebelum babak final dimulai, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyampaikan pentingnya literasi kepada generasi muda. 

Penulis: Willy Abraham | Editor: Yuli A
willy abraham
Suasana para finalis bertemu Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di ruang Graita Eka Praja, Kamis (24/11/2022). 

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Ratusan pelajar SD dan SMP di Gresik mencurahkan isi hati atau curhat kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Mereka mengirimkan curhatan melalui surat elektronik, e-mail. 

Dari ratusan pelajar itu disortir oleh dewan juri yang memiliki ejaan penulisan yang tepat dan sebagainya. Sehingga 35 finalis yang lolos mendapat kesempatan langsung bertemu Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di ruang Graita Eka Praja, Kamis (24/11/2022). 

Mereka di tes langsung untuk menulis dipantau dewan juri. 

Sebelum babak final dimulai, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyampaikan pentingnya literasi kepada generasi muda. 

"Mengapa menulis ini penting, karena dengan menulis kita dapat dengan mudah mengungkapkan apa yang ada dipikiran kita menjadi tulisan. Dan ternyata anak-anak sekalian ini berhasil dalam menuangkannya," ujar Wabup. 


Bu Min sapaan akrabnya juga mengenalkan beberapa destinasi wisata di Kabupaten Gresik yang dapat dijadikan sebagai objek tulisan. Di antaranya Bandar Grisse, Makam Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Dengan ini, anak-anak juga diharapkan untuk bisa mengenal dan menyebarluaskan berbagai macam hal menarik yang ada di Gresik. 


Bu Min sapaan akrab Aminatun Habibah juga menyampaikan, agar para finalis tetap semangat dan tidak berkecil hati jika belum berhasil menjadi juara utama. 


"Kita terus semangat berliterasi. Karena saya yakin anak-anak yang sampai disini punya pikiran yang luar biasa. Dan meskipun nanti tidak menjadi juara utama, saya harapkan untuk tetap menulis," terangnya. 


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, S. Haryanto juga mengungkapkan, yang melatar belakangi lomba menulis surat cinta ini adalah hasil assessment nasional dalam indikator literasi yang masih di bawah standar. 


"Maka salah satu upaya dalam meningkatkan hal tersebut adalah dengan lomba menulis yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik kali ini," kata dia. 


Dia juga tidak menyangka, lomba ini dapat menjangkau sebanyak hampir seribu peserta dari seluruh SD dan SMP sederajat di lingkungan Kabupaten Gresik. 


"Kami tidak menyangka kalau animo para pelajar tinggi dalam mengikuti lomba ini, karena estimasi awal target peserta hanya 300 orang saja dari total kategori SD dan SMP Sederajat," imbuhnya. 

Sementara itu para finalis seusai menjalani tahapan final mendapatkan kesempatan berkunjung ke ruang kerja Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Disela-sela foto bersama para finalis Bupati Gresik berpesan kepada anak-anak agar terus semangat latihan menulis dengan gembira karena di masa depan profesi apapun membutuhkan skill menulis yang hebat. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved