Berita Jawa Timur Hari Ini

Buaya Muara Bermunculan di Pesisir Selatan Lumajang, Warga Diminta Waspada

Buaya berjemur di pinggir kali untuk mengatur suhu tubuhnya. Buaya muara itu bisa bermigrasi melalui laut air asin karena punya kemampuan adaptasi

Tribunnews.com
ILUSTRASI - Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember menyikapi kemunculan buaya di Sungai Bondoyudo, Pasirian, Lumajang. 

SURYAMALANG.COM|LUMAJANG - Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember menyikapi kemunculan buaya di Sungai Bondoyudo, Pasirian, Lumajang.

Koordinasi akan membahas relokasi buaya ke tempat konservasi agar tidak lagi membahayakan warga.

"Masih dalam koordinasi namun yang jelas kami menghimbau kepada warga agar senantiasa waspada. Apalagi bagi para nelayan pemancing dan penjala ikan. Karena jika dilihat kemungkinan besar buaya muara  itu agresif," ujar Agus Widarto ketika dikonfirmasi.

Agus menjelaskan jika wilayah pesisir Selatan Lumajang merupakan habitat dari buaya muara. Alhasil, tak ayal kemunculan buaya di wilayah tersebut bukan hanya sekali ini saja.

"Sudah berkali-kali muncul di sungai maupun di darat. Mereka berjemur di pinggir kali untuk mengatur suhu tubuhnya. Buaya muara itu bisa bermigrasi melalui laut air asin karena punya kemampuan adaptasi yang tinggi," jelasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved