Berita Malang Hari Ini

Pupuk Indonesia Kolaborasi dengan PT Pertamina Buka Toko Pe-i

PT Pupuk Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) mengembangkan kios komersil yang saat ini diberi nama Toko Pe-i.

suryamalang.com/Benni Indo
PT Pupuk Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) mengembangkan kios komersil yang saat ini diberi nama Toko Pe-i. 

SURYAMALANG.COM|MALANG - PT Pupuk Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) mengembangkan kios komersil yang saat ini diberi nama Toko Pe-i.

Toko ini rencananya menjual pupuk non subsidi atau produk komersil lainnya. Toko ini akan dikerjasamakan dengan para mitra Pertashop PT Pertamina Patra Niaga.

SPM Kios Komersil Pupuk Indonesia Rika Susanty mengatakan kolaborasi pengembangan Toko Pe-i dengan mitra Pertashop ini dilakukan untuk mempermudah petani mendapatkan pupuk, khususnya di wilayah sentra pertanian. Toko ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pupuk non subsidi atau komersil bagi petani.

Dikatakan Rika, program ini  mengikuti petunjuk Menteri BUMN Erick Thohir yang mendorong semangat sinergisitas antar perusahaan BUMN di berbagai sektor. Utamanya menggandeng UMKM sebagai mitra. Menurutnya, kolaborasi ini dapat membentuk ekosistem usaha yang bermanfaat dan berkontribusi positif terhadap perekonomian.

“Dalam rangka mendorong sinergi antar BUMN, kami Pupuk Indonesia hadir untuk mensosialisasikan Toko Pe-i didalam pengembangan ekosistem di Pertashop wilayah Jawa Timur (Jatim), Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus),” ujar Rika dalam acara Sosialisasi Pengembangan Ekosistem Pertashop di Kota Malang, Kamis (1/12/2022).

Kolaborasi ini juga untuk meningkatkan penetrasi pasar. Pupuk Indonesia dan Pertamina Patra Niaga sebelumnya telah melakukan diskusi awal pada bulan September 2022 terkait peluang kolaborasi Toko Pe-i dengan Pertashop, dan sampai saat ini telah dilakukan piloting program kolaborasi di dua lokasi di Jawa Tengah, yaitu satu outlet Toko Pe-i di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Jepara.

“Melalui program pengembangan kios komersil ini diharapkan memudahkan petani memenuhi kebutuhan pupuk, sehingga para petani tidak hanya bergantung pada pupuk bersubsidi yang berasal dari pemerintah," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada Jumat (2/12/2022).

Kehadiran Toko Pe-i di daerah akan memperluas jangkauan pasar sekaligus sebagai sarana edukasi dan informasi mengenai pupuk. Salah satu kelebihan menjadi Mitra Toko Pe-i adalah dapat memberikan jaminan keuntungan bagi para mitra. Jaminan yang dimaksud seperti keaslian produk pupuk, kualitas, dan ketersediaan pupuk.

Syarat menjadi Mitra Toko Pe-i adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki KTP dan NPWP, berbentuk badan usaha atau perorangan, memiliki nomor induk berusaha (NIB), memiliki luas bangunan yang memadai, serta memiliki permodalan atau finansial yang baik. (Benni Indo)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved