Erupsi Gunung Semeru

1979 Warga Korban Erupsi Gunung Semeru Mengungsi, Ini Himbauan Gubernur Khofifah

Terdapat 1979 warga korban erupsi Gunung Semeru mengungsi, simak himbauan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penulis: Ratih Fardiyah | Editor: Adrianus Adhi
SURYAMALANG.COM/Tangkapan Layar YouTube Surya.co.id
Hujan abu akibat letusan atau erupsi Gunung Semeru dalam artikel 1979 Warga Korban Erupsi Gunung Semeru Mengungsi 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Terdapat 1979 warga korban erupsi Gunung Semeru mengungsi, simak himbauan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Imbas erupsi gunung Semeru hari ini, Minggu (4/12/2022), ribuan warga di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur ikut terdampak.

Bahkan akibat dari erupsi Gunung Semeru tersebut, dikabarkan ribuan warga harus mengungsi. 

Berdasarkan laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban erupsi Gunung Semeru yang kini mengungsi mencapai 1979 jiwa. 

Para korban kini tersebar di 11 titik pengungsian.

BNPB merinci 11 titik pengungsian itu meliputi; 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip, 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMP N 2 Pronojiwo.

Sementara itu, wilayah yang terdampak APG Gunungapi Semeru meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian di Desa Pasirian.

Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa.

Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Lumajang, Basarnas, TNI, Polri, relawan dan lintas instansi terkait terus melakukan upaya penyelamatan, pencarian dan evakuasi.

Sebanyak 10.000 lembar masker kain, 10.000 lembar masker medis dan 4.000 masker anak telah dibagikan untuk mengurangi dampak risiko kesehatan pernafasan akibat abu vulkanik.

Sementara itu pendirian dapur umum sedang dalam proses oleh PMI dan Dinas Sosial.

Himbauan Gubernur Khofifah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun mengimbau seluruh masyarakat yang berada di lokasi sekitar Gunung Semeru Lumajang, untuk segera menyelamatkan diri dan mencari titik-titik evakuasi terdekat yang sudah disiapkan oleh petugas.

"Saya mohon agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan tidak melakukan aktifitas apapun dan tidak panik. Saat ini utamakan keselamatan, evakuasi diri terlebih dahulu. Tolong, karena saat ini aktivitas Semeru meningkat, segera cari dan evakuasi diri agar aman dan selamat," kata Gubernur Khofifah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved