Breaking News:

Berita Gresik Hari Ini

Wadas Glow Desa Sukomulyo Manyar Gresik, Telaga Terbengkalai yang Disulap dengan Dukungan Pemprov

Wahana Wisata Apung Damar Segaran Telaga Desa Sukomulyo atau lebih dikenal dengan Wadas-Glow Gresik didukung BKK Desa Berdaya Pemprov Jatim dan CSR

Penulis: Willy Abraham | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Willy Abraham
Wadas Glow di Desa Sukomulyo Gresik, Kamis (8/12/2022). 

SURYAMALANG.COM , GRESIK - Wahana Wisata Apung Damar Segaran Telaga Desa Sukomulyo atau lebih dikenal dengan Wadas-Glow kini tampil lebih menarik.

Wadas Glow bisa menjadi salah satu percontohan di mana peran warga yang didukung oleh pihak swasta dan pemerintah mampu menggerakkan ekonomi desa dengan memoles potensi desa yang ada.

Desa Sukomulyo mengembangkan Kawasan Ekonomi Desa (KED) dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa Berdaya Pemprov Jatim dan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan di wilayah Sukomulyo.

Sekarang Wadas Glow lebih rapi dan berwarna ditambah sejumlah fasilitas wahana apung seperti sepeda air. 

Kepala Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Subiyanto menyatakan pihaknya perlu waktu yang cukup lama untuk meyakinkan perusahaan ikut berkontribusi

Subiyanto menyatakan penghargaan dan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memberikan BKK Desa Berdaya pada 2022 ini ke Desa Sukomulyo.

“Dari dana stimulant BKK Desa Berdaya inilah, tim Desa Sukomulya berani melangkah lebih jauh termasuk membuat site plain tentang pengembangan telaga segaran Sukomulyo yang selama ini terbengkalai menjadi kawasan wisata edukasi. Dengan berbekal proposal pengajuan BKK Desa Berdaya dengan sedikit dibenahi, banyak swasta yang berminat mewujudkan wisata telaga ini jadi kenyataan,” ujar Subiyanto, Kamis (8/12/2022).

Ikon KED Wadas Glow Desa Sukomulyo secara resmi dilaunching hari ini oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gresik mewakili Pemerintah Provinsi Jatim. 

Kepala DPMD Kab. Gresik, Abu Hassan menyatakan keberhasilan Pemdes Sukomulya menyakinkan sejumlah perusahaan swasta yang berada di sekitar lingkungan wilayah desa itu guna mengucurkan bantuan CSR maupun Community Development-nya ke Pemdes termasuk dalam pengembangan KED Wadas Glow.

"Awalnya proses bantuan CSR/Comdev swasta yang telah berlangsung beberapa tahun ini untuk aktivitas social warga, kini CSR dan Comdev swasta itu untuk pengembangan KED Wadas Glow, sebuah langkah cerdas,” ujar Abu Hassan.

Untuk diketahui, 2 Kawasan Ekonomi Desa lain telah dilaunching di Kabupaten Gresik yaitu KED Buyos milik Desa Yosowilangun dan KED Gua Lowo milik Desa Melirang. 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved