Malang Raya

Kepala SMP Ini Bergelar Doktor, Begini Curhatannya Soal Pendidikan

Untuk kemudahan mendapatkan data buat bahan disertasinya, ia mengambil tiga sampel sekolah yang berdekatan dengan SMPN 7.

Kepala SMP Ini Bergelar Doktor, Begini Curhatannya Soal Pendidikan
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Dr Hendro Guntur MPd, Kepala SMPN 14 Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kota Malang memiliki kepala SMP yang bergelar doktor.

Dr Hendro Guntur MPd, Kepala SMPN 14 Kota Malang bisa jadi adalah kepala SMP satu-satunya yang bergelar doktor. Ia baru diwisuda di Universitas Negeri Malang (UM) pada 3 Maret 2017 lalu.

Guntur, demikian penggilannya, meneruskan pendidikan S3 karena ia meyakini sekolah bisa jadi maju karena kepala sekolahnya. Ia berprinsip, sekolah perlu didukung sisi akademik yang bagus pula.

Ia mengambil jurusan Manajemen Pendidikan. Setelah menyelesaikan S2 pada 2008, ia memutuskan kuliah S3 pada 2012 dan lulus pada 2016. Namun baru mengikuti wisuda pada Maret 2017.

"Awal-awal kuliah di S3 memang repot," kata Guntur kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (9/4/2017).

Saat mulai kuliah S3, ia masih menjabat sebagai kepala SMPN 7 di kawasan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Untuk kemudahan mendapatkan data buat bahan disertasinya, ia mengambil tiga sampel sekolah yang berdekatan dengan SMPN 7.

Judul disertasinya adalah "Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa. Studi multi kasus di SDN Model, SMPN 10 dan SMAN 10." Alasan membuat disertasi itu karena banyak siswa mengalami degradasi moral. Sehingga perlu adanya pendidikan karakter.

"Jadi, siswa selain punya akademik bagus juga memiliki budi pekerti yang baik," katanya. Paling utama untuk mewujudkan itu sebagai ujung tombak adalah guru. Hasil disertasinya mendapat nilai sangat memuaskan.

Dalam catatan karirnya sebagai pendidik, Guntur mulai menjadi guru pada 1988 di SMAN Kabupaten Magetan. Kemudian menjadi guru diperbantukan khusus di SMA Muhammadiyah 1 Malang.

Pada 2010 ditugaskan di SMKN 7. Menurut dia, saat kuliah S2 di UM, selama satu semester mengikuti perkuliahan di Malaysia. Yaitu di Universitas Putra Malaysia.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved