Malang Raya

Usulan Jadikan ABD Saleh Bandara Internasional Digantung, Ini Sikap Pemkab Malang

Usulan menjadikan Bandara ABD Saleh sebagai Bandara Internasional telah dilakukan Pemkab Malang dan Pemprov Jatim sejak lima bulan terakhir.

Usulan Jadikan ABD Saleh Bandara Internasional Digantung, Ini Sikap Pemkab Malang
SURYAMALANAG.COM/Aflahul Abidin
Suasana Bandara Abdulrachman Saleh Malang 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Hingga kini, Kementerian Perhubungan belum mengeluarkan keputusan terkait usulan menjadikan Bandara Abdul Rachman (ABD) Saleh Malang menjadi Bandara Internasioal.

Padahal, usulan menjadikan Bandara ABD Saleh sebagai Bandara Internasional telah dilakukan Pemkab Malang dan Pemprov Jatim sejak lima bulan terakhir.

"Kami belum tahu mengapa Kemenhub belum juga menyetujui kenaikan kelas Bandara ABD Saleh menjadi Bandara Internasional, dan sampai sekarang belum ada jawaban apapun," kata H Rendra Kresna, Bupati Malang, Rabu (25/10/2017).

Dijelaskan Rendra, Pemkab Malang bersama Pemprov Jatim sudah mengirimkan permohonan kenaikan kelas Bandara ABD Saleh Malang menjadi Bandara Internasional ke Kemenhub RI dan Presiden RI.

Ini setelah semua fasilitas pendukung seperti akses jalan dan fasilitas lain di Bandara ABD Saleh telah dilengkapi semuanya.

Bahkan, runway Bandara ABD Saleh juga telah diperpanjang sesuai standar Runway Bandara Internasional.

"Setidaknya, Bandara ABD Saleh ini sama dengan Bandara Husen Sastranegara di Bandung. Baik Runway dan fasilitasnya, cuma di sana sudah menjadi Internasional tapi di ABD Saleh Malang belum juga disetujui," ucap Rendra Kresna.

Lebih lanjut dijelaskan Rendra, kebutuhan sebuah Bandara Internasional di wilayah Malang Raya sekarang ini sudah mendesak seiring perkembangan perekonomian dan dunia usaha yang cukup tinggi di Malang Raya.

Hal itu juga terlihat dari semakin banyaknya penumpang pesawat melalui Bandara ABD Saleh dewasa ini.

Hanya saja, khusus untuk yang tujuan ke mancanegara dari para TKI dan pelaku usaha asal Malang Raya sampai sekarang masih melalui Bandara Juanda di Sidoarjo.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved