Jendela Dunia

Inilah Ucapan Idul Fitri dan Jawabannya yang Sesuai dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW

kalimat “minal aidin wal faizin” adalah salah satu dari empat versi ucapan selamat Idul Fitri yang kerap digunakan di negara-negara Muslim

Inilah Ucapan Idul Fitri dan Jawabannya yang Sesuai dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ILUSTRASI - Masjid Agung Jami Kota Malang saat matahari terbenam dengan latar depan Alun-Alun Merdeka Kota Malang, Selasa (2/5/2018). 

SURYAMALANG.COM - Bulan Ramadan 1439 Hijriah (2018 Masehi) tinggal selangkah lagi.

Jika tidak ada aral, umat Muslim di dunia, khususnya Indonesia dan Asia Tenggara, akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018.

Nah, salah satu pertanyaan yang masih saja mengemuka dan paling banyak dicari di mesin pencari Google pada hari-hari menjelang Idul Fitri seperti ini adalah, “ucapan selamat Idul Fitri sesuai tuntunan Rasulullah SAW”.

Bagi yang sudah tahu kalimat ucapannya, biasanya akan mencari tahu apa jawaban untuk membalas ucapan selamat Idul Fitri?

Menjawab Serambinews.com, Selasa (12/6/2018), Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kota Banda Aceh, Tgk Mulyadi Nurdin Lc MH menjelaskan, berdasarkan sejumlah riwayat, ketika para Sahabat Nabi Muhammad SAW bertemu (sahabat lainnya) pada Hari Raya Idul Fitri saling mengucapkan kalimat “taqabbalallahu minna wa minkum.”

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari Id, mereka berkata kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” kata Tgk Mulyadi mengutip kalimat Al Hafiz Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fathul Baari.

Mulyadi Nurdin, menambahkan, menurut Ibnu Taimiyah, selain kalimat “taqabbalallahu minna wa minkum”, ada pula sahabat yang mengucapkan “ahallallahu ‘alaika”.

Lalu kapankah waktu yang tepat mengucapkan “Taqabbalallahu minna waminkum”?

“Ibnu Taimiyah menjelaskan, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum mulai diucapkan ketika seorang muslim bertemu dengan muslim lainnya setelah selesai shalat Id,” kata Mulyadi, alumnus Al-Azhar Kairo yang pernah menjabat sebagai kepala Biro Humas Pemerintah Aceh (2017-2018).

Ibnu Taimiyah mengatakan, “Ucapan hari raya di mana sebagian orang mengatakan kepada yang lain jika bertemu setelah shalat Id, ‘taqabbalallahu minna wa minkum’, ‘Ahalallahu ‘alaika’, dan sejenisnya ini telah diriwayatkan dari sekelompok sahabat bahwa mereka mengerjakannya”.

Halaman
1234
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help