Surabaya

48 Calon Jemaah Haji Jatim Bakal Diganti Ahli Waris

Cukup dengan menunjukkan surat keterangan ahli waris, selama proses hingga visa tuntas bisa langsung menggantikan CJH yang meninggal itu.

48 Calon Jemaah Haji Jatim Bakal Diganti Ahli Waris
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ARSIP - Keluarga dan pengantar melambaikan tangan pada Calon Jamaah Haji (CJH) saat pemberangkatan di Lapangan Rampal, Kota Malang, Selasa (8/8/2017). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebayak 48 calon jemaah haji (CJH) Jatim akan digantikan ahli warisnya dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Mereka berhak untuk menggantikan CJH yang hingga saat ini meninggal setelah melunasi setoran biaya haji

Kabid Haji dan Umrah Kemenag Jatim Faridul Ilmi menyampaikan bahwa puluhan ahli waris itu juga bisa diberangkatkan tahun ini.

Cukup dengan menunjukkan surat keterangan ahli waris, selama proses hingga visa tuntas bisa langsung menggantikan CJH yang meninggal itu.

"Siapa ahli warisnya, itu hak keluarga. Yang jelas, tahun ini CJH yang meninggal bisa langsung digantikan ahli waris. Tanpa menunggu kuota dan antre lagi," kata Faridul, Senin (9/7/2018).

Pengalihan porsi haji dari CJH meninggal ke ahli weris baru berlaku tahun ini. Sebelumnya tidak pernah berlaku sistem pengalihan porsi kepada ahli waris. Jika CJH meninggal, siapa pun tak berhak menggantikannya. 

"Inilah layanan pelaksanaan istimewa ibadah haji tahun ini.

Hingga hari ini sudah ada 48 CJH di Jatim meninggal. Kami menantikan proses pengalihan porsi itu kepada ahli waris," tandas Faridul.

Total porsi haji untuk CJH Jatim tahun sebanyak 35.035 jemaah. Mereka akan terus dinantikan kesiapan keberangkatan mereka ke tanah suci. Apalagi tahun ini juga banyak jemaah dengan masuk usia lanjut. Masuk berisiko tinggi. 

Faridul menuturkan bahwa ahli waris yang berhak mendapatkan porsi haji pengganti itu juga memproses. Terutama mengurus surat keterangan di kelurahan. Selanjutnya yang paling utama adalah pengurusan visa.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Surabaya Subai menjelaskan bahwa hingga saat ini ada satu CJH Surabaya yang meninggal setelah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji.

"Kami berharap CJH semua sehat hingga berakhir ibadah haji," katanya.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help