Malang Raya

Investor dan LSM Tagih Janji Pemkot Malang Perihal Proyek Pasar Blimbing

Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (LPKI) Murdjoko juga terlibat dalam audiensi.

Investor dan LSM Tagih Janji Pemkot Malang Perihal Proyek Pasar Blimbing
sri wahyunik
Para pedagang, pejabat dan investor saat rapat koordinasi tentang pembangunan Pasar Blimbing di Balai Kota Malang, Kamis (22/2/2018) sore. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Investor pembangunan Pasar Blimbing, PT Karya Indah Sukses (KIS) menggelar audiensi dengan Plt Wali Kota Malang Sutiaji, Rabu (18/7/2018). Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (LPKI) Murdjoko juga terlibat dalam audiensi yang digelar tertutup bagi awak media itu.

Murdjoko mengaku lembaganya mendapatkan laporan dari pedagang Pasar Blimbing yang telah menempati Pasar Pandanwangi.

"Pedagang mengeluh karena Pasar Blimbing tidak segera dibangun. Sementara jualan mereka sepi. Kami datang kesini ingin bertanya, apakah Pasar Blimbing ini akan dibangun dan dibangun kapan," ujar Murdjoko kepada Surya, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya terdapat 200 orang pedagang dari Pasar Blimbing yang telah berpindah ke Pasar Pandanwangi. Mereka telah direlokasi terlebih dahulu ke Pasar Pandanwangi, namun hingga saat ini belum bisa kembali ke Pasar Blimbing di Jl Borobudur karena hingga saat ini pasar tersebut belum dibangun menjadi pasar terpadu.

"Juga ada keluhan tentang tidak layaknya Pasar Blimbing yang saat ini masih dipakai berjualan," tegas Murdjoko.

Sementara itu, Kuasa Hukum PT KIS Abdul Salam mengatakan kedatangan mereka menemui Plt Wali Kota sekaligus untuk menagih Pemkot Malang.

"Kami akan menagi kepada Plt Wali Kota tentang kelanjutan pembangunan Pasar Blimbing. Karena kami siap membangun. Tidak benar rumor di luar kalau kami tidak sanggup membangun. Malah sekarang kami membangun pasar terpadu juga di Negara, Bali. Bahkan prosesnya lebih cepat, dan kini sudah di proses pembersihan lahan," tegas Salam.

Investor menagih hasil konsultasi Pemkot Malang ke Kementerian Dalam Negeri perihal perubahan perjanjian kerjasama terbaru antara Pemkot Malang dan investor.

"Kami juga ingin tahu hasil konsultasi. Kami ingin tahu secara resmi, tidak hanya lisan," lanjutnya.

Pembangunan Pasar Blimbing menjadi pasar terpadu merupakan salah satu pekerjaan rumah Pemkot Malang yang belum usai meski telah berjalan hampir sembilan tahun. Investor dan Pemkot telah beberapa kali mengubah perjanjian kerjasama.

Pemkot sejatinya harus menyerahkan lahan Pasar Blimbing secara kosong ke investor untuk kemudian dibangun kembali menjadi kawasan pasar terpadu. Namun hingga saat ini, relokasi pedagang belum berhasil dilakukan.

Ada sekitar 200 pedagang yang sudah direlokasi ke Pasar Pandanwangi. Namun lebih banyak pedagang, jumlahnya lebih dari 1.000 orang yang belum pindah. Rencananya mereka bakal direlokasi ke bekas Stadion Blimbing. Beberapa kali pedagang bersama pemerintah melihat pasar penampungan itu.

Kini pasar penampungan tersebut kembali mangkrak karena tidak juga ditempati. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help