Surabaya

Begini Cara Bikin Kurmat, Penganan Berbahan Tomat Tapi Rasa Kurma

Rasanya manis persis kurma namun buah berwarna merah kecoklatan ini bukan kurma melainkan kurma tomat, kurmat.

Begini Cara Bikin Kurmat, Penganan Berbahan Tomat Tapi Rasa Kurma
nuraini faiq
Ibu-ibu di Kampung Margorejo Sawah, Surabaya saat menunjukkan kreativitas mereka menyulap tomat menjadi kurma sehingga menjadi Kurmat atau kurma tomat, Rabu (7/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Rasanya manis persis kurma. Lapisan kulit paling luar juga sama persis dengan buah khas Timur Tengah itu.

Namun buah berwarna merah kecoklatan ini bukan kurma melainkan tomat yang disulap menjadi kurma.

Warga Kampung Margorejo Sawah, Surabaya mengolah buah tomat itu di green house dan pot-pot rumahan.

"Eman kalau dibuang. Kalau untuk nyambal berlebih. Jus tomat juga tidak semua suka, akhirnya kami olah menjadi Kurmat. Kurma tomat khas Kampung kami," kata Fifit Rulita, penemu Kurmat, saat ditemui di Margorejo Sawah, Rabu (7/11/2018).

Kalau ingin menjadikan tomat menjadi kurma dengan cara merendam lebih dulu buah tomat selama 10 jam dengan air kapur suruh. Ini untuk mencari kekenyalan buah tomat. Kemudian digoreng sambil ditaburi gula. Begitu mateag persis seperti kurma.

Saat ini banyak buah tomat dihasilkan dari kampung Margorejo Sawah. Baik dari taman rumah, polybag, hingga green house. Tampak memang kampung tersebut penuh kehijauan.

Kampung Margorejo Sawah makin terlihat asri karena warga mengembangkan taman di setiap rumah. Mereka juga makin senang karena ada lahan 5x4 meter dimanfaatkan bersama untuk membuat green house. 

Oleh warga kampung disebut Rumah Tetandur. Aneka tanaman sayur dan buah ditanam di green House tersebut. Tidak terkecuali tomat karena saat panen tomat melimpah sehingga dijadikan makanan yang diawetkan menjadi kurmat. 

Saat SuryaMalang.com mencoba Kurmat memang persis seperti kurma. Baik tekstur dan rasanya. Meski manis gulanya masih terasa. "Namun gula ini kalah dengan kandungan segarnya buah tomat," tambah Fifit. 

Hampir setiap ada acara, punya hajat, warga Margorejo Sawah menjadikan Kurmat sebagai menu atau jajan wajib.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved