Malang Raya

Koin dari Dinasti Song Periode 960-1279 Masehi di Sekitar Paduraksa Altar Suci Pra Majapahit

Situs Sekaran merupakan bangunan suci diperkuat dengan temuan struktur yang diduga paduraksa (gerbang) dan pondasi berukuran 2x2 meter dan dinilai seb

Koin dari Dinasti Song Periode 960-1279 Masehi di Sekitar Paduraksa Altar Suci Pra Majapahit
edgar
Struktur bangunan di Situs Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang kini mulai tampak setelah dilakukannya proses ekskavasi oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, Senin (18/3/2019). 

SURYAMALANG.COM, PAKIS - Balai Arkeologi Yogyakarta bakal melanjutkan proses ekskavasi  atau penggalian Situs Sekaran di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Balai Arkeologi Yogyakarta dan mereka menyatakan siap melanjutkan penelitian di situs ini. Nanti penelitian lanjutan akan dilakukan oleh Balai Arkeologi Yogyakarta," kata Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, Kamis (21/3/2019).

Ia menambahkan, tugas BPCB Jatim melakukan ekskavasi penyelamatan Situs Sekaran resmi berakhir pada hari ini.

Menurut dia, ekskavasi penyelamatan hanya untuk memastikan luasan dan signifikasi sebuah situs.

"Terkait ini bangunan apa itu menjadi ranah BAY untuk memutuskan," ucap dia.

Kesimpulan sementara yang diambil BPCB Jatim dari proses ekskavasi, Situs Sekaran merupakan sebuah kompleks peribadatan (bangunan suci) di era pra Kerajaan Majapahit.

Argumen bahwa Situs Sekaran merupakan bangunan suci diperkuat dengan temuan struktur yang diduga paduraksa (gerbang) dan pondasi berukuran 2x2 meter dan dinilai sebagai altar.

"Kenapa pra Kerajaan Majapahit karena ada temuan koin Dinasti Song yang sangat dominan," kata Wicaksono.

Hingga hari terakhir, luas areal ekskavasi penyelamatan menjadi 23x23 meter. Namun, BPCB Jatim telah menetapkan areal seluas 30x30 meter untuk dilakukan delineasi.

"Delineasi ini adalah batasan bahwa kemungkinan masih ada struktur bangunan di sana. Dan itu tidak boleh diganggu pengerjaan tol," katanya.

Situs Sekaran merupakan situs purbakala yang baru ditemukan beberapa waktu lalu, di kawasan pembangunan jalan Tol Pandaan-Malang.

Proses ekskavasi dilakukan oleh BPCB Trowulan Jatim sejak Selasa (12/3) lalu dan berakhir pada Kamis (21/3/2019).

Berdasarkan rangkuman catatan dari Wikipedia, Dinasti Song memerintah di Tiongkok antara tahun 960 sampai 1279 sebelum Tiongkok diinvasi bangsa Mongol.

Sementara di Jawa, Ken Arok mendirikan kerajaan Singhasari atau Singasari pada tahun 1222. Raja terakhir adalah Kertanagara yang berkuasa antara 1254 - 1292. 

Lokasi kerajaan Singasari sekarang diperkirakan berada di daerah Singasari, Malang atau sekitar 11 Km dari Situs Sekaran di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Bangsa Mongol juga ke Jawa pada 1293.

GALERI FOTO - Menyingkap Jejak Kota Kuno di Bawah Proyek Jalan Tol Malang - Pandaan

Lho, Ada Jejak Kota Besar Era Majapahit di Bawah Proyek Tol Malang - Pandaan

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved