Malang Raya

Ayo, Bahagiakan Anak Yatim di Bulan Ramadan Ini

Ribuan anak yatim memadati halaman cybermall Malang. Mereka semua mengikuti tabligh akbar yang diadakan Rumah Zakat Malang, Minggu (5/7/2015

Ayo, Bahagiakan Anak Yatim di Bulan Ramadan Ini
SURYAMALANG.COM/Sulvi Sofiana
Ilustrasi: Anggota club Moge Makota Rider saat memberikan sumbangan di panti Nurul Hadi di Pakis Hajar, Minggu (5/7/2015) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ribuan anak yatim memadati halaman cybermall Malang. Mereka semua mengikuti tabligh akbar yang diadakan Rumah Zakat Malang, Minggu (5/7/2015).

Afifah (45), ustadzah TPQ dan Paud Muharto, Kedungkandang mengaku selama bulan Ramadan sekitar 100 anak yatim yang ia dampingi sudah mendapat berbagai sumbangan dari donatur.

"Sumbangan donatur macam-macam, ada donatur yang menyumbang 25 baju untuk anak-anak kami. Jadi meskipun tidak semua anak mendapatkannya, Ramadan selalu jadi ajang untuk membahagiakan anak-anak yatim," jelasnya.

Rombongan Afifah datang bersama berbagai TPQ, panti asuhan dan anak juara binaan RZ Malang. Mereka tampak bersemangat mengikuti berbagai acara mulai dari hiburan teater dan tari sampai dakwah yang disampaikan Ustad Riza Muhammad dari Jakarta.

Tawa anak-anak memenuhi halaman cybermall saat penampilan teater komedi gabungan dari Mlumah (Malang Lucu Mahasiswa), teater Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim dan tim relawan RZ.

Teater yang menceritakan peristiwa muslim Rohingnya yang ditelantarkan bangsanya dikemas dengan guyonan khas anak-anak agar mudah dipahami. Melihat teater itu sejumlah anak tampak menanyakan pada pendampingnya makna Rohingnya.

"Kami ingin mengenalkan pada anak-anak isu terbaru masyarakat muslim dengan hiburan, jadi hiburan edukatif," jelas salah seorang pengisi acara.

Aditya Evan, Branch Manager RZ Malang, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program RZ untuk mengedukasi dan mensosialisasi pada seluruh masyarakat Malang agar lebih mudah berbagi dengan sesama.

"Dana untuk acara ini semuanya dari donatur dan sponsor, jadi kami akan berbuka bersama dan memberikan bingkisan untuk anak-anak," paparnya.

Ia menjelaskan dari 1.000 anak yatim yang terdaftar, juga terdapat 15 lembaga yang baru mendaftar saat acara. Jadi diperkirakan sekitar 1.100 anak yang mengikuti kegiatan ini.

"Ini masih sebagian saja,masih banyak yang belum bisa kami bantu," jelasnya.

Penulis: sulvi sofiana
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved