Malang Raya

Ini Data Sementara, SMAN 4 Malang Paling Diminati Pelajar

Hingga Minggu (5/7/2015), jumlah pendaftar belum mencapai kuota atau pagu di masing-masing sekolah.

Ini Data Sementara, SMAN 4 Malang Paling Diminati Pelajar
suryamalang
Orangtua murid berjubel di SMA Negeri 4 Kota Malang, Sabtu (4/7/2015). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online sudah dimulai sejak Sabtu (4/7/2015). Hingga Minggu (5/7/2015), jumlah pendaftar belum mencapai kuota atau pagu di masing-masing sekolah.

Pendaftar paling sedikit, yaitu di SMAN 6 Malang sebanyak 114 pendaftar. Sedangkan paling banyak pendaftar pada SMAN 4 Malang, yaitu sebanyak 243 pendaftar.

Jumlah ini disusul pendaftar SMAN 1 Malang sebanyak 223 pendaftar dan SMAN 5 Malang sebanyak 191 pendaftar.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, Tri Suharno menjelaskan jumlah pendaftar pada hari pertama dan kedua memang relatif lebih sedikit. Ini karena kebanyakan masih mengamati nilai pendaftar dengan miliknya.

"Biasanya mereka masih mengira-ngira nilainya bisa masuk sekolah yang diinginkan apa tidak, kalau tidak mereka akan memilih rayon yang lain. Karena di SMA tidak bisa cabut berkas dan pindah ke rayon yang lain," paparnya.

Tri Suharno menjelaskan, pendaftar akan melonjak pada hari terakhir. Ia juga mengharapkan adanya kemakluman dari pendaftar jika proses input dana membutuhkan waktu sekitar lima sampai 10 menit.

Hal ini karena dibutuhkan sekitar 20 kali klik untuk memasukkan data nilai rapor.

"Kalau tahun lalu, nilai rapor sudah ada di data base dinas pendidikan. Jadi proses input cepat, tahun ini yang ada di database hanya NUN dan US," paparnya.

Sedangkan masalah perhitungan nilai akhir dengan penjumlahan 80 persen nilai rerata NUN dan 20 persen nilai rapor tidak mengalami masalah.

"Siswa menghitung nilainya untuk ditulis di formulir dengan pendampingan, jadi tidak ada masalah.Sedangkan untuk menginput online, operatir sudah ditambah dari tahun kemarin cuma tiga menjadi lima," ungkapnya.

Mengenai pendaftar jalur prestasi, menurut Tri, wewenang digunakannya surat rekomendasi dari tiap individu. Dari data pendaftar pertama, didapatkan pendaftar jalur prestasi paling banyak SMAN 7 Malang sebanyak 20 pendaftar dan SMAN 3 Malang sebanyak 11 pendaftar.

"Kalau di dua sekolah itu pengembangannya olahraga tim, jadi bisa menampung banyak kalau di SMAN 4 hanya menerima jatah 5 anak dari dindik," jelasnya.

Penulis: sulvi sofiana
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved