Malang Raya

Waduh, 'Polisi' Pangkat Kompol Peras Uang Rp 600 Juta

Entah bagaimana menyakinkan L, uang tunai, transfer dan perhiasan berhasil didapat DH.

Waduh, 'Polisi' Pangkat Kompol Peras Uang Rp 600 Juta
SURYAMALANG.COM//Sylvianita Widyawati
AKP Adam Purbantoro, Kasat Reskrim Polres Malang menunjukkan tersangka DH, polisi gadungan dan sejumlah BB seperti HP, Minggu (25/10/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Satreskrim Polres Malang menangkap DH di Banyuwangi pada Kamis (22/10/2015) lalu. Residivis ini kerap mengaku-aku sebagai anggota polisi dengan pangkat Kompol.

Nama-nama yang dipakai cukup banyak. Ada Kompol Agung, Satria, Ian Satria, Kelvin, Ever dan Suwandi.

"Laporan dari korbannya baru satu, yaitu L dari Turen, Kabupaten Malang dengan kerugian Rp 600 juta," ungkap AKP Adam Purbantoro, Kasat Reskrim Polres Malang dalam rilis di Polres Malang, Minggu (25/10/2015). Laporan dibuat L pada Januari 2015 lalu.

Setelah dicari cukup lama, DH ditangkap di Banyuwangi. Ia kerap pindah-pindah lokasi. Bisa jadi korbannya lebih dari satu. Karena itu, Adam meminta agar korban DH bisa melaporkan ke Satreskrim Polres Malang jika merasa ditipu atau dirugikan.

"Kamu main di media sosial juga nggak untuk dapat korban?" tanya Adam ke DH. DH yang memiliki keluarga di Banyuwangi menyatakan tidak.

"Tidak. Saya temui sendiri," jelas DH.

Dalam menjalankan aksinya, DH tidak memakai atribut kepolisian. Namun pengetahuannya terkait kepolisian cukup dalam. Apalagi dia piawai berkomunikasi menyakinkan korbannya.

Korban L dengan tersangka bertemu pada 2014 lalu di sebuah hotel di Malang. Saat itu masing-masing menginap di hotel dengan keluarga mereka. L dan DH kemudian berkenalan. Entah bagaimana menyakinkan L, uang tunai, transfer dan perhiasan berhasil didapat DH.

Semua diperoleh secara bertahap dengan cara meminjam. Untuk menyakinkan korbannya, ia menjanjikan asetnya bisa dijual, misalkan rumah. Sedang tujuannya mendapat uang ke korban untuk alasan operasional pekerjaannya.

"Janji menjual asetnya itu biar korban tidak melaporkan dia," ungkap Adam.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved