Gunung Bromo

Waduh, Suara Gemuruh Getarkan Pintu dan Kaca Pos Pantau Bromo

"Terdengar suara gemuruh dari dalam kawah yang kuat. Kemudian diikuti pintu dan kaca di Pos Penjagaan dan Pos Pantau Gunung Bromo bergetar,"

Waduh, Suara Gemuruh Getarkan Pintu dan Kaca Pos Pantau Bromo
Istimewa
Pengunjung saat mengabadikan panorama eksotik Bromo dari Penanjakan, Tosari, Pasuruan, beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM,SURABAYA - Aktivitas gunung Bromo, Jawa Timur, pada Jumat (12/8/2016) pagi ini meningkat. Terdendar suara gemuruh kuat dan diikuti getaran bumi di sekitar Gunung Bromo.

Akibatnya, tidak hanya kaca yang begetar akibat dentuman itu. Pintu Pos Pantau gunung ini juga bergetar.

Diduga, Bromo kembali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik. Belum diketahui persis, apakah ada kerusakan lain. Sebagaimana rilis yang disampaikan petugas, getaran kali ini relatif lebih kuat.

"Terdengar suara gemuruh dari dalam kawah yang kuat. Kemudian diikuti pintu dan kaca di Pos Penjagaan dan Pos Pantau Gunung Bromo bergetar," tulis rilis yang sampai ke BMKG Juanda.

Sementara itu, sampai pagi ini cuaca di sekitarnya cerah-mendung. Angin berembus tenang sampai sedang, suhu antara 7-20°c. Tampak asap kawah teramati putih tebal. Saat ini asap Bromo meninggi hingga 500 meter.

"Teramati sinar api samar-samar dari kawah," kata petugas Pos Pantau Bromo.

Saat ini, status gunung api paling eksotik di alam ini masih waspada. Rekomendasi PMKG, masyarakat di sekitar dan penungjung Bromo juga pendaki dilarang beraktivitas dan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah Bromo.

Penulis: faiq nuraini
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved