Breaking News:

Malang Raya

AKBP Yade Setiawan Ujung: Demo Tak Perlu ke Jakarta, Cukup di Malang Saja

Ujung menambahkan saat ini situasi politik sedang memanas. Pihaknya berharap peran ulama dalam upaya mendinginkan situasi.

SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Kapolres Malang, AKPBP Yade Setiawan Ujung saat silaturahmi dengan tokoh NU dan Muhammadiyah, Selasa (7/2/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah Kabupaten Malang dipastikan tidak akan ikut aksi 11 Februari 2017 di Jakarta.

Hal ini diungkapkan pimpinan kedua ormas Islam tersebut saat silaturahmi dengan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung di Universitas Islam Raden Rahmat, Kepanjen, Selasa (7/2/2017).

Ketua PCNU Kabupaten Malang, Umar Usman mengatakan NU kritis memahami  gerakan yang murni memperjuangkan Islam, dan gerakan politik. Namun Umar memuji ada gerakan yang mempersatukan Umat Islam, seperti dalam aksi tersebut.

“Syariat Islam memang harus diperkuat, tetapi tidak melalui gerakan politik yang di luar kendali,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Malang, Mursidi mengatakan secara organisasi, Muhammadiyah tidak memberangkatkan massa. Jika ada individu yang berangkat, akan menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Kami tidak melarang jika ada yang berangkat ikut aksi. Dinamika yang terjadi bisa menguatkan umat Islam, untuk berjuang lebih baik lagi,” tutur Mursidi.

Sementara itu, AKBP Yade Setiawan Ujung mengapresiasi sikap NU dan Muhammadiyah tersebut. Menurutnya, jika ingin ikut aksi, lebih baik dilakukan di Kabupaten Malang.

“Sama-sama menyampaikan pendapat, lebih baik di Kabupaten Malang saja. Tidak usah ke Jakarta,” ujar Ujung.

Ujung menambahkan saat ini situasi politik sedang memanas. Pihaknya berharap peran ulama dalam upaya mendinginkan situasi.

“Kami berharap situasi ini tidak dimanfaatkan kelompok tertentu untuk melakukan adu domba,” tandas Ujung.

Penulis: David Yohanes
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved