Malang Raya

Indahnya Kerukunan Umat Beragama di Kota Malang, Warga Bisa Nikmati Makanan Cap Go Meh di Klenteng

Menu yang tersedia bukan hanya dibagikan untuk umat Konghucu. Umat agama lain Kota Malang juga bisa merasakannya.

Indahnya Kerukunan Umat Beragama di Kota Malang, Warga Bisa Nikmati Makanan Cap Go Meh di Klenteng
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Perayaan Cap Go Meh di Aula Klenteng Eng An Kiong Kota Malang, Sabtu (11/2/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Klenteng Eng An Kiong menyediakan sekitar 4.000 porsi menu makanan dalam perayaan Cap Go Meh, Sabtu (11/2/2017). Jumlah porsi itu lebih banyak dari tahun lalu yang hanya sekitar 3.000 porsi.

Menu yang disediakan antara lain lontong, ayam, telur, dan sayur rebung itu dibagikan bukan hanya untuk umat Konghucu. Umat agama lain Kota Malang juga bisa merasakannya.

Humas Klenteng Eng An Kiong, Bunsu Anton Triyono mengatakan perayaan Cap Go Meh merupakan bentuk alkuturasi budaya dan tradisi. Bagi umat Kongkucu, perayaan ini mirip perayaan kupatan untuk menutup Idul Fitri bagi umat muslim. Cap Go Meh digelar di hari ke-15 sebagai penutup Imlek.

“Ini terjadi alkuturasi budaya dan kultur. Saya sampaikan kepada sahabat muslim, kedatangan kami sudah 200 tahun bahkan ribuan tahun yang lalu,” kata Anton.

Alkuturasi itu bisa menghilangkan  diskriminasi. Cap Go Meh juga bermakna sebagai kegiatan kemanusiaan tanpa melihat suku dan agama.

Karenanya, warga dengan suku dan agama apapun diizinkan makan bersama. Anton menyebut budaya Cap Go Meh ini tidak dilakukan di negara lain.

“Menurut kami, umat beragama harus memupuk dan memelihara kebersamaan sampai akhir zaman,” ujarnya.

Menu Cap Go Meh disiapkan di aula klenteng. Ratusan tumpukan lontong dan lauk-pauknya tertumpuk di meja besar. Beberapa orang hilir mudik melayani para tamu yang datang untuk makan kudapan yang tersedia.

Pada penutupan Hari Raya Imlek itu, para umat Konghucu akan beribadah bersama saat munculnya rembulan sekitar pukul 17.00 WIB.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved