Breaking News:

Malang Raya

Aplikasi Home Security Karya Mahasiswa ITN Bisa Deteksi Pergerakan di Rumah

Aplikasi bernama Home Security Apps itu dibuat menggunakan frame difference yang mendeteksi pergerakan menggunakan kamera terintegrasi.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Dodik Rismawan Affrudin menunjukkan Home Security Apps buatannya, Kamis (9/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dodik Rismawan Affrudin menunjukkan aplikasi karyanya sebagai persyaratan skripsi, Kamis (9/3/2017). Aplikasi mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang tersebut adalah sistem pendeteksi keamanan rumah berbasis android.

Aplikasi bernama Home Security Apps itu dibuat menggunakan frame difference yang mendeteksi pergerakan menggunakan kamera terintegrasi. Hasil deteksi ini mengirimkan gambar ke android pemilik rumah.

“Ada CCTV terintegrasi komputer dengan software Home Security di rumah,” jelas mahasiswa kelahiran 5 Desember 1994 itu kepada SURYAMALANG.COM.

Sebenarnya alat dan software sudah ada. Namun, keunggulan karya mahasiswa asal Blitar itu adalah integrasi dengan sistem android dan notifikasi berupa foto sumber gerakan di rumah.

“Foto yang tertangkap dari pendeteksi gerakan akan terkirim pada Home Security Apps di gadget android dalam waktu kurang dari sedetik,” lanjutnya.

Sayangnya, karya Dodik itu belum bisa mendeteksi gerakan tersebut disebabkan orang, hewan, atau daun yang jatuh.

“Sistem di rumah dan gadget pemilik rumah harus nonstop terkoneksi internet sehingga tidak luput dari notifikasi adanya gerakan di rumah,” imbuhnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved