Breaking News:

Malang Raya

TPA Tlekung Masih Menggantung, Ini Hal yang Dikhawatirkan Kontraktor dan DPRD

Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud menilai kalau pengawasan pembangunan TPA Tlekung kurang maksimal.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
TPA Tlekung Kota Batu, Rabu (12/4/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Proyek pengerjakan TPA Tlekung masih menggantung. Kontraktor pengerjaan proyek TPA itu was-was karena belum ada tanggapan dari pihak dinas yang terkait.

Padahal penyerahan berkas administrasi pembangunan TPA Tlekung yang memakan biaya sebesar Rp 13 Miliar itu sudah dilakukan sekitar satu bulan yang lalu.

Staff TPA Tlekung Doni Saputro mengatakan sampai saat ini belum ada revisi maupun koreksi dari dinas terkait.

 “Posisi saya sekarang sudah off mbak dari proyek itu. Tetapi sebelum saya off, semua berkas administrasi pengerjakan TPA Tlekung sudah kami serahkan ke Dinas PU Cipta Karya, selaku dinas yang menangani proyek itu saat pertama dibangun,” kata Doni saat dikonfirmasi SURYAMALANG.COM, Senin (8/5/2017).

Namun, ia enggan berkomentar banyak mengenai proyek TPA Tlekung itu dikarenakan itu bukan kewenangannya lagi.

Salah satu Staff dari PT Kharisma selaku rekanan kontraktor proyek TPA Tlekung yang enggan disebutkan namanya, menambahkan bahwa pihaknya mengaku was-was apakah pembayaran bisa direalisasikan 100 persen. Pihaknya menyatakan dari dinas terkait tidak ada kejelasan maupun keterbukaan terkait anggaran itu.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Himpun selaku kepala Dinas PU Cipta Karya yang menangani pembangunan TPA Tlekung tidak bisa dikonfirmasi terkait TPA Tlekung.

Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud menilai kalau pengawasan pembangunan TPA Tlekung kurang maksimal. 

Menurutnya kalau memang sudah mendapatkan hasil administrasi dari kontraktor, maka segera dilakukan kajian dan revisi. Karena hingga saat ini, belum ada jadwal lelang untuk alat pengelolahan sampah.

“Seharusnya DLH sudah mengajukan jadwal lelang alatnya. Dan dinas terkait ya menyelesaikan administrasinya, dimasukkan ke dalam PAK. Makanya ini masih kami minta dinas terkait untuk memaparkan permasalahannya,” imbuh dia.

Pembangunan TPA Tlekung yang digarap tahun 2015 dan selesai tahun 2016 akhir. Seharusnya, sudah ada perkembangan jadwal lelang untuk alat pengelolahan sampah di TPA Tlekung setelah pembangunan selesai.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved