Breaking News:

Malang Raya

Mesin Pengelolahan Sampah TPA Tlekung Kota Batu Masuk Reschedule Pengadaan

Pengadaan mesin pengelolahan sampah di TPA Tlekung Kota Batu masuk ke dalam salah satu proyek yang direschedule

SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Situasi TPA Tlekung di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (24/2/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pengadaan mesin pengelolahan sampah di TPA Tlekung Kota Batu masuk ke dalam salah satu proyek yang direschedule.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu, Achmad Suparto, mengatakan, reschedule ini dikarenakan proyek yang harusnya masuk lelang, tetapi hingga saat ini masih belum masuk lelang.

"Proyek yang belum masuk lelang, bisa dibatalkan tahun ini, dan diulang kembali tahun depan. Salah satunya mesin pencacah sampah TPA Tlekung itu," katanya saat ditemui di ruangannya, Kamis (6/7/2017).

Padahal, mesin pengolahan sampah itu saat ini sangat dibutuhkan di Kota Batu. Reschedule ini dikarenakan hingga akhir Juli ini nanti Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) harus segera selesai.

Suparto menambahkan, dengan direschedule-nya mesin pengolahan sampah ini, maka dinas terkait harus melakukan perubahan yang masih berkaitan dengan pengolahan sampah.

"Bisa dengan kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan sampah. Semisal gali lubang untuk mengurangi jumlah sampah, atau pemberian kapur agar tidak menimbulkan bau," sambungnya. Hal itu dikarenakan tidak boleh ada kegiatan baru dalam PAK.

Sementara itu, Kabid Persampahan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup, Mawardi menambahkan, kalau memang pengadaan mesin pengolahan sampah itu sangat dibutuhkan. Terlebih lahan TPA hanya ada satu lokasi saja.

"Super penting. Tidak ada lagi lahan untuk TPA di Kota Batu, selain di Tlekung. Apalagi TPA saat ini di ambang batas," kata Mawardi. Seperti yang diketahui, rencana pengadaan alat pengolah sampah itu sekitar Rp 15 Miliar.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved