Breaking News:

Malang Raya

Keterlibatan Dosen dan Mahasiswa dalam HTI Mulai Didata, Menristekdikti Minta Rektor Tanggung Jawab

Jika ada yang ditemukan benar terlibat dalam HTI, maka akan dijatuhi sanksi tegas sesuai PP nomor 53 tahun 2010.

SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
ILUSTRASI - Massa dari HTI Malang menggelar aksi di Jalan Tugu Kota Malang, Jumat (2/12/2016) siang. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Pertemuan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof M Nasir dengan pimpinan perguruan tinggi beberapa hari yang lalu menghasilkan penyerahan pengawasan keterlibatan HTI pada kampus.

"Untuk perguruan tinggi negeri (PTN), saya serahkan pengawasan pada rektor. Sedangkan perguruan tinggi swasta (PTS), saya serahkan pada koordinator Kopertis tiap-tiap wilayah. Total ada 14 wilayah se-Indonesia," katanya usai membuka acara MTQMN XV, Jumat (28/7/2017).

Ia mengatakan, apa yang sudah disampaikan jangan sampai harus diulang berkali-kali. "Saya akan menanyakan perkembangan terkait data jumlah yang terlibat pada rektor dan koordinator Kopertis. Terdekat ini Agustus," ujar Nasir.

Nasir melanjutkan, guru dan dosen sesuai UU nomor 14 tahun 2005 harus menjaga dan mengimplementasikan kehidupan konsensus 4 pilar berbangsa.

"Sesuai UU itu adalah sumpah setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan kebhinnekaan, serta satu lagi yaitu pada pemerintah untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia," tuturnya.

Jika ada yang ditemukan benar terlibat dalam HTI, maka akan dijatuhi sanksi tegas sesuai PP nomor 53 tahun 2010. "Tentu awalnya kami lakukan pendekatan persuasif, teguran, lalu peringatan 3 kali," jelasnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved