Malang Raya

Malang Corruption Watch Kritik Perilaku Ketua Mahkamah Konstitusi Arif Hidayat

Berdasarkan catatan MCW, Arif Hidayat melakukan sejumlah pelanggaran etik, dan buntutnya dewan etik MK menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan

Malang Corruption Watch Kritik Perilaku Ketua Mahkamah Konstitusi Arif Hidayat
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
MCW menggelar aksi di depan Balai Kota Malang, Jumat (26/1/2018) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Malang Corruption Watch (MCW) menggelar aksi di depan Balai Kota Malang, Jumat (26/1/2018). Aksi itu mengkritisi perilaku Ketua Mahkamah Konstitusi Arif Hidayat.

Aktivis MCW menilai perilaku ketua MK telah meruntuhkan kepercayaan publik. Berdasarkan catatan MCW, Arif Hidayat melakukan sejumlah pelanggaran etik, dan buntutnya dewan etik MK menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan.

Pelanggaran etik itu antara lain tidak menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), membuat surat titipan kepada jaksa agung, juga bertemu Komisi III DPR RI. Pertemuan itu diduga terkait pengamanan dirinya pada pemilihan ketua MK.

"Padahal berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi tentang kode etik dan pedoman tingkah laku, bahwa hakim MK itu harus menjauhkan diri dari perbuatan tercela dan menjaga wibawa selaku negarawan pengawal konstitusi yang independen, arif, bijaksana dan imparsial dalam menegakkan hukum dan keadilan," ujar Koordinator MCW M Fahrudin.

Karenanya MCW menyatakan, mendesak mundur Ketua MK Arif Hidayat, meminta MK melakukan evaluasi secara besar-besaran, mendesak hakim MK untuk melakukan intropeksi, menjaga integritas, dan menjadi negarawan demi mengembalikan dan menjaga martabat MK.

"Serta memperkuat kewenangan Dewan Etik MK dalam pengawasan," tegas Fahrudin.

Aktivis MCW membawa payung hitam dalam aksinya. Mereka juga membawa poster.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved