Breaking News:

Malang Raya

Belum Sesuai Standar, TPA Tlekung Kota Batu Bakal Dirombak

TPA Tlekung di Kota Batu bakal dirombak total. Perombakan TPA Tlekung ini untuk meningkatkan sarana dan prasarana di sana

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Tumpukan sampah di sel zona aktif TPA Tlekung Kota Batu, Selasa (24/7/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung di Kota Batu bakal dirombak total. Perombakan TPA Tlekung ini untuk meningkatkan sarana dan prasarana di sana.

Sejauh ini di TPA Tlekung akses menuju ke sana masih dirasa sulit. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arief As Siddiq mengatakan sarana yang akan diperbaiki ialah akses jalan. Akses jalan untuk menuju TPA Tlekung ini masih belum bagus.

Apalagi jalan menuju TPA Tlekung menanjak naik. "Kami sudah meminta ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk dibenahi akses jalan ke TPA itu. Agar memudahkan truk yang masuk ke sana," kata Arief, Selasa (24/7/2018).

Selain itu, di zona pasif tempat penumpukan sampah di TPA itu juga akan ditutupi oleh terpal. Selama ini masih ditutupi dengan plastik saja. Karena plastik bisa melebur dan hancur, maka dari itu diganti dengan terpal.

Ia menjelaskan, penutupan zona pasif dengan terpal ini agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap.

Zona pasif ini merupakan penempatan sampah yang sudah dipasifkan dan tidak boleh ditumpuk dan ditambah lagi dengan sampah baru.

"Karena zona pasif kan setelah dipilah dari sampah zona aktif. Nah ditutup terpal agar tidak menimbulkan bau," kata dia.

Tidak hanya itu, di TPA itu nanti juga segera diadakan lokasi pengolahan air limbah dari sampah di kolam lindi.

Arief menjelaskan di TPA Tlekung sudah ada kolam lindi dan sumur pantau yang memantau cairan yang keluar dari sampah. Namun belum ada pengolahan.

Pengolahan kolam lindi ini diperlukan agar ketika disalurkan ke sungai tidak berbahaya. Karena sudah dinetralkan melalui pengolahan.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved