Breaking News:

Asian Games

Tarian Gandrung Marsan Banyuwangi Tampil di Pembukaan Asian Games 2018

Terdapat 10 penari Gandrung Marsan yang turut serta dalam perhetalan pembukaan multievent olahraga terbesar di Asia itu

Penulis: Haorrahman | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Haorrahman
Para penari Gandrung Marsan Banyuwangi yang tampil di Pembukaan Asian Games 2018 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8) malam, berlangsung megah dan meriah.

Ternyata di pesta pembukaan itu, penari Gandrung Marsan dari Banyuwangi, turut serta di dalam kemeriahan tersebut.

Terdapat 10 penari Gandrung Marsan yang turut serta dalam perhetalan pembukaan multievent olahraga terbesar di Asia itu.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, bersyukur kesenian Banyuwangi kian mendapat pengakuan tampil di berbagai even skala nasional maupun internasional.

"Kami bersyukur para pelaku seni di Banyuwangi terus mendapat kesempatan tampil di publik nasional dan internasional," kata Anas, Minggu (19/8/2018).

Tari Gandrung Banyuwangi telah berkali-kali diundang untuk tampil dalam berbagai acara nasional dan internasional.

Seperti tampil di acara kenegaraan di Istana Negara dan lainnya. Gandrung juga sempat manggung di acara kebudayaan di Jerman, Malaysia, Perancis, Hongkong, Brunei Darussalam, Jepang, dan negara lainnya.

Pada awal Juli lalu, tari gandrung tampil di 13 negara bagian Amerika Serikat, wilayah Konsulat Jenderal Republik Indonesia, seperti Chicago, Kentucky, Illinois, Minnesota, dan lainnya.

"Pengakuan ini kian memacu semangat kami untuk terus menjaga dan mengeksplorasi potensi-potensi seni dan budaya Banyuwangi," kata Anas.

Di pembukaan Asian Games, sang koreografer Opening Ceremony Asian Games, Eko Supriyanto atau yang lebih dikenal Eko Pece, meminta langsung Gandrung Marsan untuk tampil.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved