Batu

Kota Batu Lolos Pengawasan DPT Pileg 2019 Bawaslu RI

Kota Batu masuk dalam kategori aman. Namun, hal itu tetap menjadi pengawasan tingkat kota untuk DPT Pileg 2019

Kota Batu Lolos Pengawasan DPT Pileg 2019 Bawaslu RI
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdurrochman. 

SURYAMALANG.COM, BATU -  Kota Batu tidak masuk ke dalam hasil pengawasan dan rekomendasi rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2019 oleh Bawaslu secara nasional. Ini setelah di Kota Batu tidak terdapat data pemilih ganda.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdurrachman mengatakan, dalam hal ini Kota Batu masuk dalam kategori aman. Namun, hal itu tetap menjadi pengawasan tingkat kota untuk DPT Pileg 2019 di Kota Batu. 

"Secara nasional Kota Batu aman. Tapi data kan terus bergerak dari tingkat pengawas desa ataupun kecamatan. Untuk itu pengawasan berjenjang tetap dilakukan," kata Rochman saat dikonfirmasi, Kamis (6/9).

Menurutnya, masih ada beberapa laporan terkait kegandaan data pemilih. Oleh karena itu pihaknya perlu mencermati melalui by name bt address, NIK pemilih.

"Apalagi di Kota Batu juga masih ada yang belum menyelesaikan perekaman e-ktp," imbuhnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kota Batu untuk Pileg tahun 2019. Yakni jumlah DPT sebesar 151.531 pemilih dengan jumlah desa dan kelurahan sebanyak 24 dan jumlah tempat pemungutan suara  757 TPS.

Komisioner KPU Kota Batu, Ashar Chilmi mengatakan jumlah pemilih di Kecamatan Batu sebesar 69.387 pemilih dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebagai 34.641 dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 34.746 orang. Kecamatan Bumiaji sebanyak 45.151 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 22.706 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 22445 pemilih.

Sedangkan Kecamatan Junrejo sebanyak 36.993 pemilih dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 18.209 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 18.784 pemilih.

"Jumlah DPT Pemilu tahun 2019 ini selisihnya tidak begitu banyak dibandingkan dengan jumlah DPT Pilgub Jatim 2018 yang sebesar 148.773 pemilih," ujar Ashar.

Pemilih yang belum terdaftar dalam DPT akan kita petakan. Kalau belum masuk DPT namun terekam dalam KTP Elektronik nanti tetap bisa melakukan hak pilihnya dengan menunjukkan E KTP pada hari H menjadi pemilih daftar pemilih khusus. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved