Blitar

Tak Pernah Jera, Ade Enam Kali Masuk Penjara Gara-Gara Mencuri

Tersangka harus kembali mendekam di sel tahanan Polres Blitar Kota. Tersangka dibekuk polisi setelah mencuri di SMKN 1 Blitar

Tak Pernah Jera, Ade Enam Kali Masuk Penjara Gara-Gara Mencuri
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar menunjukkan barang bukti dan tersangka pencurian, Rabu (24/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Ade Setyawan (27) alias Kopok tidak pernah jera keluar masuk penjara. Bapak satu anak asal Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar itu sudah enam kali ini masuk penjara gara-gara mencuri.

Sekarang, Ade harus kembali mendekam di sel tahanan Polres Blitar Kota. Ade dibekuk polisi setelah mencuri televisi dan laptop di SMKN 1 Blitar. Ironisnya, Ade mencuri bersama dengan ayahnya, Misnan, yang sekarang masih buron.

"Dia sudah enam kali ini masuk penjara, kasusnya sama pencurian. Dia mencuri dengan ayahnya, tapi sekarang masih buron," kata Kapolres Blitar Kota, Adewira Negara Siregar, saat merilis kasus itu, Rabu (24/10/2018).

Ketika mencuri di SMKN 1 Blitar, Ade bekerjasama dengan ayahnya, Misnan. Awalnya, mereka menyaru sebagai pemulung untuk mengamati sekitar lokasi. Setelah aman, mereka mulai melancarkan aksinya. Mereka masuk ke kawasan SMKN 1 dengan cara merusak gembok pagar sekolah.

Setelah itu, mereka masuk ke areal sekolah. Begitu masuk di areal sekolah, keduanya berbagi tugas. Ade menunggu di halaman sekolah. Sedangkan, ayahnya, Misnan, yang masuk ke dalam kantor.

Ayahnya, yang mengambil laptop dan televisi. "Ayahnya yang eksekusi dan si Ade ini menunggu di luar kantor. Barang hasil curian itu kemudian digadaikan ke seseorang," ujar Adewira.

Dikatakan Adewira, setelah dikembangkan ternyata pelaku sudah beraksi di empat lokasi. Yaitu, di SMKN 1 Blitar, di depan Stadion Supriyadi, di Nglegok, dan di Ngroboyong. Sasaran aksi pencurian pelaku rata-rata di rumah kosong.

"Mereka memang spesialis pencurian di rumah kosong. Mereka menyaru sebagai pemulung untuk mencari target," katanya.

Pelaku pencurian, Ade Setyawan mengaku sebelumnya sudah pernah masuk penjara sebanyak lima kali. Kasusnya sama, yaitu, pencurian. Berarti sekarang ini sudah keenam kalinya Ade masuk penjara. "Kali ini saya sudah kapok, sudah enam kali ini saya masuk penjara," tuturnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved