VIDEO - Tafsir Quraish Shihab, Makhluk Lain Sebelum Nabi Adam Itu Bisa Jadi Manusia Purba

QURAISH SHIBAH: Dalam Alquran disebut ada makhluk-makhluk lain sebelum Nabi Adam. Boleh jadi, makhluk-makhluk lain itu manusia purba.

SURYAMALANG.COM - Dalam beberapa ajaran agama, salah satunya Islam; Nabi Adam dikenal sebagai manusia pertama di dunia.

Namun dalam sejarah, manusia pertama adalah manusia purba. Ini menimbulkan pertanyaan, sebenarnya mana yang lebih dahulu ada di Bumi, Nabi Adam atau manusia purba?

Melalui Channel Youtube Najwa Shihab, Quraish Shihab mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

"Dalam Alquran ada menceritakan tentang kejadian manusia. Namun juga diceritakan bahwa sebelum kejadian manusia (Nabi Adam) ini sudah ada makhluk-makhluk lain," ungkap Quraish Shihab dalam menit ke-7 detik 53 video tersebut.

"Tapi tidak diterangkan apa makhluk-makhluk lain itu. Boleh jadi, makhluk-makhluk lain itu manusia purba," tafsir Quraish Shihab.

Menurut Quraish, ketika Alquran berbicara tentang manusia pertama ini, hanya dinyatakan bahwa diciptakan dari tanah. Selanjutnya, ada proses akhirnya dihembuskan ruh maka jadilah dia manusia.

"Mungkin itulah manusia modern," kata Quraish. Namun, Quraish menjelaskan, AlQuran tidak menjelaskan apa yang terjadi setelah tanah dan sebelum ditiupkan ruh.

"Kalau saya bisa beri gambaran seperti ini, kita punya alfabet A sampai Z. Saya sebut mulanya A, akhirnya Z. Ada nggak antara A dan Z? Banyak," ucapnya.

"Alquran hanya menceritakan A dari tanah dan menceritakan Z dihembuskan ruh. Boleh jadi ada proses di sini," sambung Quraish.

Baca: Tengkorak 260.000 Tahun dari China ini Sekelompok dengan Manusia Purba Jawa

Baca: Misteri 7 Fosil Manusia Purba dari Cekungan Bandung, Berusia Rata-rata 30 Tahun

Baca: VIDEO: Kehadiran Manusia Purba di Padang Gurun Portugal ini Jadi Kontroversi, Lihat Penampakannya

Ia juga mengatakan, Alquran tidak menjelaskan proses sebelum ditiupkannya ruh. "Karena itu ada pertanyaan apa benar itu teori Darwin atau New Darwinism. Kita katakan, Islam tidak membahas itu," tegas Quraish.

Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved