Blitar

Gubernur Minta Pemkot Blitar Serahkan Semua Aset SMAN 1 Ke Pemprov Jatim

Aset tanah untuk aula dan lapangan harus ikut diserahkan ke provinsi, bukan hanya aset tanah yang ada bangunan sekolah

Gubernur Minta Pemkot Blitar Serahkan Semua Aset SMAN 1 Ke Pemprov Jatim
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Suhartono, menunjukkan surat dari Gubernur Jatim, Selasa (30/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Gubernur Jatim, Soekarwo mengeluarkan surat yang ditujukan ke wali kota Blitar terkait tarik ulur sejumlah aset tanah SMAN 1 Kota Blitar. Dalam surat itu, Gubernur Jatim meminta wali kota Blitar untuk menyerahkan seluruh aset tanah SMAN 1 ke Provinsi Jatim.

"Surat Gubernur itu menindaklanjuti surat dari SMAN 1 Kota Blitar. Gubernur minta agar semua aset SMAN 1 diserahkan ke provinsi," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Suhartono, Selasa (30/10/2018).

Surat dengan nomor 028/6591/101.1/2018 itu dikeluarkan Gubernur pada 18 Oktober 2018. Surat itu ditandatangani Gubernur Jatim, Soekarwo. Surat itu ditujukan ke wali kota Blitar.

Isi surat itu meminta wali kota menyerahkan semua aset tanah milik SMAN 1 Kota Blitar ke Provinsi Jatim. Aset tanah yang diserahkan ke provinsi sesuai dengan sertifikat nomor 3803154 yang dikeluarkan pada 20 Agustus 1981 seluas 58.900 meter persegi. Aset tanah seluas itu termasuk aula dan lapangan.

"Aset tanah untuk aula dan lapangan harus ikut diserahkan ke provinsi, bukan hanya aset tanah yang ada bangunan sekolahnya saja," ujar Suhartono.

Suhartono berharap Pemkot Blitar legawa menyerahkan semua aset milik SMAN 1 ke provinsi. Aset itu juga untuk kepentingan pendidikan di SMAN 1. Menurutnya, jika SMAN 1 berprestasi yang namanya harum juga Kota Blitar. "Aset itu memang untuk menunjang proses belajar siswa di SMAN 1," katanya.

Sebelumnya, pengambilalihan pengelolaan SMAN 1 Kota Blitar oleh Pemprov Jatim masih menyisakan masalah. Terjadi tarik ulur antara Pemkot Blitar dan Pemprov Jatim terkait pengelolaan aset tanah untuk sarana belajar dan mengajar siswa di SMAN 1 Kota Blitar.

Sesuai perubahan Berita Acara Serah Terima (BAST) Personil, Sarana dan Prasarana dan Dokumen Bidang Pendidikan dari Pemkot Blitar menyebutkan aset tanah yang diserahkan ke provinsi hanya aset tanah gedung SMAN 1. Sedangkan, aset tanah untuk lapangan, aula, dan kantor dinas pendidikan di SMAN 1 dikelola oleh Pemkot Blitar.

Dalam perubahan BAST itu juga disebutkan telah dilakukan pemecahan bidang tanah sejumlah aset itu. Rinciannya, lapangan seluas 16.493 meter persegi, aula seluas 3.881 meter persegi, kantor dinas pendidikan seluas 5.111 meter persegi, dan SMAN 1 seluas 32.893 meter persegi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved