Breaking News:

Lumajang

Puluhan Kios Di Pasar Pronojiwo Lumajang Terbakar

Kebakaran itu diduga karena hubungan arus pendek listrik. Tetapi pihak kepolisian masih memastikan penyebab kebakaran itu.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Achmad Amru Muiz
IST
Puluhan kios di pasar Pronojiwo Lumajang terbakar semalam. 

Puluhan Kios di Pasar Pronojiwo Terbakar

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Pasar Pronojiwo Kabupaten Lumajang terbakar, Senin (5/11/2018) malam. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, kebakaran itu menghabiskan 62 kios atau dua setengah blok pasar.

Kebakaran terjai pukul 18.20 Wib, dan api berhasil padam sekitar pukul 22.00 Wib. Kebakaran itu diduga karena hubungan arus pendek listrik. Tetapi pihak kepolisian masih memastikan penyebab kebakaran itu.

"Petugas menyisir lokasi untuk mencari penyebab kebakaran," ujar Paur Sub Bagian Humas Polres Lumajang Ipda Catur Budi Bhaskoro.

Pusdalops BPBD Lumajang mendapatkan laporan kebakaran itu sekitar pukul 18.25 Wib dan langsung menghubungi pemadam kebakaran (Damkar). Damkar pun langsung meluncur. Menurut Syaiful, warga yang berjualan gorengan di dekat pasar itu menuturkan, api berasal dari area pasar gang nomor 4. Awalnya hanya terlihat asap, kemudian api menyala.

Melihat itu warga pun langsung berteriak memberitahu ada kebakaran dan minta tolong. Warga yang berada di sekitar pasar pun langsung menyelamatkan barang masing-masing, seperti tabung elpiji bagi yang berjualan di seputaran pasar itu, maupun sepeda motor yang diparkir.

Api terus membesar. Sekitar pukul 19.30 Wib, hujan turun namun tidak cukup memadamkan api. Warga juga berusaha membantu dengan memadamkan api memakai pasir.

Sekitar pukul 20.15 Wib, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan mobil PMK Lumajang tiba di lokasi. Kecamatan Pronojiwo berbatasan dengan Kecamatan Amperlgading Kabupaten Malang berjarak tempuh sekitar dua jam dari Kota Lumajang dengan melewati jalur berkelok.

setibanya di lokasi, PMK langsung bekerja. Sekitar pukul 22.00 Wib, api berhasil dipadamkan.

"Kerugian jiwa tidak ada. Kerugian material masih dihitung. Sedangkan untuk kios yang terbakasr sebanyak 2 setengah blok atau 62 kios, untuk kios bagian depan ada 56 dan bagian belakang ada enam kios," ujar Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan hadi Siswoyo, Senin (6/11/2018) malam.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved