Breaking News:

News

Kemenhub Luncurkan Aplikasi Untuk Pantau Sopir AKAP

E-logbook merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk pengawasan waktu kerja pengemudi angkutan terhadap batas aturan yang telah ditentukan.

SURYAMALANG.COM/Samsul Hadi
Ilustrasi Suasana Terminal Bus AKAP di Arjosari Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan berbasis digital bernama e-logbook. Aplikasi ini dikhususkan untuk pengemudi angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP).  E-logbook merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk pengawasan waktu kerja pengemudi angkutan terhadap batas aturan yang telah ditentukan.

Layanan ini memungkinkan pihak Kementerian Perhubungan dan juga perusahaan transportasi yang menaungi pengemudi untuk memonitor jam kerja dan waktu istirahat para pengemudi. Layanan e-logbook berbentuk aplikasi, website dan juga smart card.

"Kita juga akan meluncurkan layanan e-logbook bagi pengemudi angkutan AKAP yaitu aplikasi yang mengawasi waktu kerja dari pengemudi agar tidak melewati batas waktu yang ditentukan. Sehingga kegiatannya sehari-hari itu praktis kita batasi sesuai dengan syarat yang ada,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/11/2018).

Budi berharap dengan adanya layanan ini keselamatan kerja dan pelayanan angkutan umum khususnya angkutan antar kota antara provinsi (AKAP) bisa ditingkatkan. Ia juga berpesan agar layanan ini terus dilakukan dengan konsisten.

"Aplikasi tersebut merekam dan memonitor data single identitas serta waktu kerja pengemudi angkutan umum sehingga pada akhirnya kita harapakan keselamatan kerja dan pelayanan angkutan umum bisa ditingkatkan. Saya sampaikan terima kasih pada pelayanan ini, namun saya ingatkan, lakukan dengan all out dan konsisten,” kata Budi.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, yakni peta dan grafik dimana akan terlihat posisi pengemudi secara real time dan durasi mengendarai dari tiap pengemudi. Cara kerja sistem ini saat pertama pengemudi berangkat dicatat waktunya oleh petugas terminal dengan cara tapping kartu dan set status pada aplikasi e-logbook pengemudi.

Demikian pula saat pengemudi telah tiba di tempat tujuan akan dilakukan cara yang sama. Sementara pada saat pengemudi beristirahat atau melakukan pergantian pengemudi statusnya akan dikirimkan melalui aplikasi e-logbook dari ponsel pengemudi.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved