Blitar

Progres Proyek Pembangunan Jalan Menggunakan DAK Di Kota Blitar Lambat

Semua proyek harus selesai akhir tahun ini. Diminta rekanan untuk mengebut pekerjaan proyek, terutama pembangunan Jl Klampis kota blitar

Progres Proyek Pembangunan Jalan Menggunakan DAK Di Kota Blitar Lambat
suryamalang.com/Samsul Hadi
Pengendara melintas di proyek pembangunan Jalan Klampis, Kota Blitar, Senin (19/11/2018). Proses pembetonan jalan itu baru selesai separuh. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Sejumlah pembangunan proyek fisik di Kota Blitar yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sampai sekarang masih belum rampung. Bahkan, proyek pembangunan Jl Klampis yang menggunakan DAK progresnya masih 50 persen pada November 2018 ini.

"Untuk proyek fisik yang menggunakan APBD sudah selesai 100 persen. Tinggal proyek yang menggunakan DAK yang belum selesai," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Heru Catur W, Senin (19/11/2018).

Heru mengatakan ada tiga proyek fisik yang menggunakan DAK dari pemerintah pusat. Yaitu, pembangunan jalan, irigasi, dan air minum. Sampai sekarang progres pembangunan jalan masih mencapai 50-60 persen, proyek air minum masih 60-70 persen, sedangkan proyek irigasi sudah mencapai 90 persen.

Proyek pembangunan jalan yang progresnya masih lambat di Jl Klampis. Sampai sekarang proses pembangunan jalan masih mencapai 50 persen. Padahal, Desember 2018 ini, semua proyek fisik yang menggunakan DAK juga harus tuntas.

"Semua proyek harus selesai akhir tahun ini. Kami terus meminta rekanan untuk mengebut pekerjaan proyek, terutama pembangunan Jl Klampis," ujarnya.

Proyek pembangunan air minum progresnya juga tidak sesuai target. Sampai sekarang proses pembangunan air minum masih mencapai 60-70 persen. Sesuai target, akhir November 2018 ini, proses pembangunan air minum sudah mencapai 90 persen.

"Yang sudah memenuhi target hanya proyek pembangunan irigasi, saat ini sudah mencapai 90 persen," katanya.

Pantauan di lokasi, proses pembangunan Jl Klampis masih selesai separuh. Konstruksi Jl Klampis juga diganti beton. Saat ini, proses pembetonan badan jalan masih selesai separuh. Sedangkan yang separuh lagi masih belum dibeton.

Saat ini, pekerja baru memasang ram-raman besi di separuh badan jalan yang belum dibeton. Pemasangan ram-raman besi juga belum mencapai separuh jalan. "Harus selesai akhir tahun ini, kalau tidak rekanan akan kena sanksi," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved