Jember

Kata Sahabat Cak Ulum, Anggota DPRD Jatim Yang Meninggal Dunia Karena Sakit

Tidak hanya keluarga saja yang kehilangan Cak Ulum, namun juga sahabat dan kolega. Salah satunya Ayub Junaidi, Wakil Ketua DPRD Jember

Kata Sahabat Cak Ulum, Anggota DPRD Jatim Yang Meninggal Dunia Karena Sakit
ist
Jenazah Cak Ulum anggota DPRD Jatim yang juga ketua DPC PKB Jember di makamkan di tempat kelahiranya di Jember. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Kabar meninggalnya Cak Ulum, panggilan akrab Miftahul Ulum (53) Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jember sekaligus Anggota DPRD Jatim mengagetkan keluarga dan kolega.

Karenanya, tidak hanya keluarga saja yang kehilangan namun juga sahabat dan kolega. Salah satunya Ayub Junaidi, Wakil Ketua DPRD Jember. Bagi kalangan tokoh di Jember, Cak Ulum dan Ayub Junaidi seperti kakak - adik.

"Tidak hanya sahabat namun sudah seperti saudara. Makanya kaget dan sangat kehilangan," kata Ayub kepada suryamalang.com, Rabu (21/11/2018).

Di kalangan politik, pemerintahan, dan NU, nama Cak Ulum dan Ayub dikenal akrab. Sebab keduanya sering duet saat menjabat. Bahkan saat ini, di DPC PKB Jember, Cak Ulum dan Ayub berduet di jabatan Ketua dan Sekretaris.

"Tiga periode di PKB Jember bareng terus. Cak Ulum ketua dan saya sekretaris," lanjut Ayub.

Bahkan di jabatan DPRD Jember, Ayub juga menggantikan Cak Ulum di kursi Wakil Ketua DPRD Jember. Karena kebersamaan itulah, Ayub merasa kehilangan. "Saya kenal Cak Ulum sejak lama. Saya kecil, dan Cak Ayub sudah mondok dan sekolah di Al-Fattah. Sejak tahun 1997 sudah bareng di organisasi," imbuhnya.

Bagi Ayub, Cak Ulum merupakan tokoh politik yang sederhana, egaliter, dan tidak pilih kasih. Cak Ulum bisa merangkul banyak pihak. Tak heran, lelaki kelahiran Jember, 27 Desember 1964 itu, selalu terpilih sebagai Ketua DPC PKB Jember selama tiga periode.

"Dia itu bisa ngayomi banyak orang," katanya.

Miftahul Ulum, Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jatim yang juga Ketua DPC PKB Jember meninggal, Rabu (21/11/2018). Dia meninggal dunia karena sakit liver yang diketahui sebulan terakhir. Belakangan diketahui Cak Ulum menderita sirosis.

Cak Ulum merupakan tokoh politik senior juga tokoh NU. Cak Ulum pernah menjadi Komandan Ansor tahun 2001 - 2005. Dia menjabat sebagai Ketua DPC PKB Jember selama tiga periode (2005 - 2010, 2010 - 2015, 2015 - 2020).

Cak Ulum juga terpilih sebagai anggota DPRD Jember selama tiga periode (1999 - 2004, 2004 - 2009, 2009 - 2014). Kemudian terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jatim periode 2014 - 2019.

Kini dia kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Jatim untuk Pileg 2018 dari Daerah Pemilihan Jember - Lumajang. Cak Ulum meninggalkan empat orang anak. Istri Cak Ulum, Tatin Indrayani merupakan anggota DPRD Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved