Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Emil Dardak Siap Menangkan Demokrat Di Pileg, Tapi Bantu Jokowi Di Pilpres

Untuk pemilihan presiden, Emil ini mengisyaratkan akan mendukung petahana, Jokowi yang berpasangan dengan Kiai Ma'ruf.

suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Emil Elestianto Dardak, menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) kedua Muda-Mudi Demokrat (MMD) Jawa Timur, Selasa malam (22/1/2019) di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Emil Elestianto Dardak, Bupati Trenggalek, berkomitmen membantu Partai Demokrat di pemilihan legislatif. Meski demikian, untuk pemilihan presiden, Emil yang kini menjadi Wakil Gubernur Jatim terpilih akan membantu pemenangan Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Ditemui di Surabaya, Emil membenarkan bahwa ia menjadi bagian dari keluarga besar partai Demokrat. Kebersamaan Emil bersama Demokrat di pemilihan gubernur silam menjadi satu di antara alasan.

"Kami akan berjuang bersama Demokrat. Bahkan, lebih dari pemilihan gubernur. Setelah berjuang bersama di pilkada, sekarang saatnya berjuang bersama di pileg," kata Emil ditemui, Rabu (23/1/2019).

Apalagi, AHY menganggap Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo sebagai mentor politik. "Ini bukan kerjasama last minute, melainkan kebersamaan terjalin lama. Termasuk, saya bersama Pakde Karwo. Kami memandang beliau sebagai mentor," katanya.

"Hal ini menjadi keberlanjutan. Ini akan menjadi sinergi bersama Demokrat. Tentu, kami akan berusaha lebih dari yang ditargetkan," tegasnya.

Namun, untuk pemilihan presiden, suami Arumi Bachsin ini mengisyaratkan akan mendukung petahana, Jokowi yang berpasangan dengan Kiai Ma'ruf. Sekalipun, Partai Demokrat mengusung rival Jokowi, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Kalau soal pilpres, teman-teman (wartawan) sudah bisa membacalah. Pastinya, program pemerintahan selama lima tahun terakhir, seharusnya bisa dilanjutkan," katanya.

Kebersamaan Emil dengan Partai Demokrat ditunjukkan kala pria 34 tahun ini menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) kedua Muda-Mudi Demokrat (MMD) Jawa Timur, Selasa malam (22/1/2019) di Surabaya. Bahkan, Emil mendapatkan potongan kue dari Bayu Airlangga, Ketua MMD Jatim.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyebut Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak telah bergabung menjadi salah satu kadernya. Oleh karenanya, partai berlambang segitiga mercy ini menginstruksikan Emil yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih ini untuk membantu memenangkan Demokrat di pemilihan legislatif.

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan hal ini. Menurutnya, seluruh kader Demokrat, baik yang di eksekutif atau legislatif, termasuk yang di daerah maupun pusat, diwajibkan untuk membantu pemenangan Demokrat.

"Termasuk Mas Emil yang merupakan kader Demokrat. Beliau memiliki basis massa riil untuk membantu para caleg Demokrat yang sedang berjuang," kata AHY kala ditemui di Surabaya, Rabu (23/1/2019).

Apalagi, Demokrat juga merupakan salah satu partai yang membantu memenangkan Emil kala berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim hingga terpilih di pemilihan gubernur serentak lalu. "Demokrat bersama Mas Emil dalam hal perhelatan politik sebelumnya, juga serupa. Kami selalu bersama-sama," tegasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved