Kabar Surabaya

Khofifah-Emil Siapkan Program Peningkatakan Kualitas Pendidikan SMK Jatim, Buat Lab Pengampu

Program vocasional training itu penting. Ini karena pengangguran terbanyak di Jawa Timur adalah lulusan SMK.

Khofifah-Emil Siapkan Program Peningkatakan Kualitas Pendidikan SMK Jatim, Buat Lab Pengampu
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
GUBERNUR JATIM TERILIH: Khofifah Indar Parawansa. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Jelang dilantik pada tanggal 13 Februari 2019 mendatang, Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur terpilih Emil Elestianto Dardak menyiapkan inovasi di bidang pendidikan

Khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang SMK Jawa Timur yang saat ini masih banyak menimbulkan masalah. 

Dikatakan Khofifah, program vocasional training itu penting. Ini karena pengangguran terbanyak di Jawa Timur adalah lulusan SMK.  Yang setelah ditelusuri penyebabnya adalah karena di SMK tidak semua memiliki bengkel dan laboratorium. Sebanyak 55 persen SMK di Jawa Timur tidak punya laboratorium.

"Maka nanti kita sedang siapkan, bagaimana kalau ke depan disiapkan SMK pengampu.  Jadi lima SMK gitu memiliki satu laboratorium.  Insya Allah tahun ini sudah bisa dilakukan,  sudah ada  anggarannya,  lima SMK satu laboratorium," kata Khofifah pada Suryamalang.com, Selasa (5/2/2019).

Peningkatan kualitas pendidikan SMK ini bukan hanya disusun melalui perumusan tim navigasi program saja.  Melainkan Khofifah juga sudah berkomunikasi juga dengan sejumlah kedutaan untuk menangani masalah SMK di Jawa Timur. 

"Kita sudah komunikasi dengan kedutaan Inggris,  saya minta supaya dibantu membuat bengkel pesawat. Sebab kalau unuk sparepart masang baut itu anak SMK saja cukup," kata Khofifah. 

Mereka diminta untuk ikut membantu SMK Jatim dengan membuat pelatihan vocasional selama tiga bulan. Dengan begitu, skill di lulusan SMK juga akan meningkat seiring dengan kemampuan keterampilan yang dimiliki. 

Sebagaimana diketahui pasangan Khofifah - Emil ditetapkan KPU sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 setelah mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno dalam Pilgub Jatim 27 Juni 2018 lalu. 

Dalam Pilgub Jawa Timur 2018, Khofifah-Emil mendapatkan suara sebanyak 10.465.284 suara masyarakat Jawa Timur atau 53.55 persen. Rencananya Khofifah-Emil akan dilantik oleh Presiden Jokowi tanggal 13 Februari 2019 mendatang.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved